Bupati HST Harun Nurasid ketika mewisuda santri TK/TP Al Qur’an XXV dan Ta’limul Qur’an Lansia VII  LPPTKA DPD BKPRMI Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang di wisuda oleh Bupati HST Harun Nurasid. (foto/ist)
Barabai — Bupati HST H Harun Nurasid mewisuda 2.017 Santri  dalam kegiatan Wisuda Santri TK/TP Al Qur’an XXV dan Ta’limul Qur’an Lansia VII  LPPTKA DPD BKPRMI Kabupaten Hulu Sungai Tengah bertempat di Halaman Mesjid Agung Riadhus Shalihin Barabai, Rabu (17/10/2012) Pukul 09.00 Wita.
Ketua Panitia Pelaksana, Mukarram  melaporkan kegiatan Wisuda Santri TK/TP Al Qur’an XXV dan Ta’limul Qur’an Lansia VII  LPPTKA DPD BKPRMI Kabupaten Hulu Sungai Tengah diikuti oleh Santri TK/TP Al Qur’an se Kabupaten Hulu Sungai sebanyak 2.017 orang  sementara untuk  Ta’limul Qur’an Lansia 12 orang.
Kegiatan mengambil Tema “Dengan Semangat Wisuda Santri TK/TP Al Qur’an dan Ta’limul  Qur’an Lansia, Kita Berantas Buta Baca Tulis Al Qur’an Menuju Masyarakat Yang Religius”, dengan dasar pemikiran untuk menjalin silaturrahmi, pengukuhan Santri TK/TP Al Qur’an serta mengevaluasi  perkembangan TK/TP Al Qur’an dalam Pembinaan menuju generasi Qur’ani.
Panitia Pelaksanaan Kegiatan dilaksanakan oleh Jajaran LPPTKA BKPRMI Kabupaten HST dengan menggunakan anggaran Rp. 48 Juta, dan selama ini terdata jumlah TK/TPA yang aktif di kabupaten HST 312 Unit, dengan jumlah Ustad/Ustadzah 1.655 orang dan santri aktif 27.153 orang.
“Kita merasa sangat bersyukur atas perhatian dan kepedulian Bupati HST dalam pembinaan TK/TPA , melalui Dinas Pendidikan Kabupaten HST kembali di hari diserahkan bantuan Honorarium Guru Non PNS untuk Ustadz/Ustadzah , Guru Pesantren, Guru Keliling,  Guru MDA, RA dan PAUD sebesar Rp. 250 ribu yang dibayar per tiga Bulan maka total bantuan yang diserahkan Rp. 2,4 Milyar,”ujarnya.
Ketua DPW BKPRMI Kalimantan Selatan, Ahmad Rizqon dalam sambutannya mengungkapkan dengan jumlah peserta   Wisuda Santri TK dan TPA 2.017 orang  serta Lansia 12 orang   dalam sejarah Safari Wisuda Santri se Kalimantan Selatan menjadi Kabupaten HST  memiliki jumlah wisudawan santri terbanyak dan terbesar baik di tingkat Kalimantan Selatan dan bahkan Nasional.
Dirinya juga mengapresiasi disamping besarnya jumlah santri yang diwisuda juga perhatian Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan pemberian bantuan untuk Ustadz/Ustadzah sebesar Rp. 250 per orang merupakan jumlah bantuan yang terbesar se Kalimantan Selatan, bantuan ini berdampak positif bagi tumbuh berkembangnya TK/TPA, memotivasi para Guru dan  diharapkan kedepannya juga dapat ditingkatkan untuk kesejahteraan guru.
“Kita ketahui pula bahwa DPD BKPRMI Kabupaten Hulu Sungai Tengah  merupakan salah satu DPD yang aktif dalam kegiatan pembinaan, koordinasi dan konsulidasi  di sebelas Kecamatan di HST, dan kita berharap di beberapa event ke depannya  aka nada banyak santri dari Kabupaten HST mengukir prestasi hingga di tingkat Nasional,”ujarnya.
 Bupati HST H Harun Nurasid dalam sambutannya menyampaikan selamat pada para santri wisudawan santri TK/TPA dan Ta’limul Al Qur’an, dan mengingatkan untuk mengembangkan minat baca tulis Al Qur’an dalam kaitannya membentuk generasi Qur’ani serta  bina keluarga yang sejahtera yang  bahagia dan sejahtera.
Turut Berhadir dalam kegiatan ini, Sekda HST H IBG Dharma Putra, Ketua DPD BKPRMI se Banua Enam, Jajaran DPD BKPRMI Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah HST, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Para Camat, orang tua Santri dan Undangan lainnya. (advhumashst)