AMUNTAI – Berkah Ramadhan sangat dirasakan oleh penjual buah-buahan segar, seperti para penjual semangka yang menggelar dagangannya di lokasi pasar Ramadhan Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).
Dagangan mereka nampak laris manis dibeli oleh warga yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Menurut salah seorang penjual semangka, Anwar Sadat (33) yang ditemui Metro7 di kios buahnya, Selasa (31/7/2012), dagangannya hanya laris manis di bulan Ramadhan.
“Alhamdulillah dagangan saya lumayan laris, ini adalah berkah Ramadhan. Kita membantu warga yang pengen mencari buah segar untuk berbuka dan warga membantu dengan membeli dagangan kita,” ujarnya.
Semangka loreng dijual Rp6 ribu per kilonya, semangka tanpa biji Rp8 ribu  sedangkan semangka kuning Rp7 ribu per kilonya.
Di awal Ramadhan, Anwar mengaku dagangannya habis terjual sekitar 100 kg per harinya, sedangkan di luar bulan puasa ia cuma bisa menjual sekitar 50 kg per harinya.
Sadat mengatakan, biasanya mereka kewalahan jika mendekati hari raya, karena penjualannya bisa mencapai Rp500 kg per harinya.
Dengan harga beli yang lebih mahal dari hari biasa sedangkan harga jualnya tetap seperti hari biasanya, yaitu sekitar Rp6 ribu sampai Rp8 ribuan.
Menurut Sadat, penjual buah seperti dirinya menang biasa mendapat untung setahun sekali di bulan Ramadhan, sedangkan di luar Ramadhon penjualan buah semangka dan buah-buah lainnya biasa-biasa saja, bahkan tidak jarang ia mengalami kerugian.
Sadat mengaku berjualan buah cuma 4 bulan dalam setahun, yakni sebelum bulan rRamadhan sampai mendekati Hari Raya Kurban.
Selebihnya ia tidak berjualan buah, melainkan berjualan ikan atau bidang usaha lainnya.
Sadat mengatur jadwal demikian, karena menurutnya dirinya pernah mengalami kerugian yang lumayan besar saat mencoba berjualan buah setiap bulannya.
“Maunya sih bulan Ramadhan terusmenerus, biar saya bisa berjualan buah setiap bulannya,” candanya.
Pria yang mengaku telah puluhan tahun menekuni pekerjaan sebagai penjual buah ini bisa menghidupi keluarga bahkan sampai  bisa membangun rumah yang lumayan untuk tempat berlindung dirinya dan keluarga. Metro7/Ayie