Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong menggelar latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan PKK (LP3PKK), Kamis (12/7/2012) lalu di Aula PKK Komplek Stadion Bersinar Pembataan, Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Kegiatan itu diikuti 24 orang pengurus PKK kabupaten dan 84 orang pengurus kecamatan yang masing-masing diwakili 7 orang.
Pelatihan membahas berbagai materi, di antaranya gerakan PKK, Sekretariat, keuangan, program kerja Pokja I, II, III dan IV yang seluruhnya disampaikan sendiri oleh pengurus PKK senior kabupaten.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan, pengelolaan program PKK secara menyeluruh. Khususnya bagi pengurus PKK kabupaten dan kecamatan sampai para kader-kadernya, agar lebih terasah dalam memahaminya.
Ketua TP PKK Tabalong Hj Sumiati Rachman Ramsyi dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Ketua II TP PKK Tabalong Hj Noorlaila Abdel Fadillah mengatakan, sebagaimana tujuan gerakan PKK untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga beriman, bertakwa, berakhlak mulia sejahtera, maju dan mandiri, serta kesetaraan gender, dimaksudkan untuk meningkatkan pengelolaan gerakan PKK itu sendiri. Baik terkait kegiatan, keorganisasian, maupun setiap program-programnya.
”Kegiatan ini salah satu usaha merealisasikan misi tersebut,” katanya.
Sebenarnya ada 10 program pokok PKK yang sebagian besar telah dilaksanakan. Namun, yang belum tertib adalah pencatatan atau dokumentasi, serta kearsipan sesuai petunjuk.
”Sebab itu sekretariat PKK Tabalong selalu memprogramkan kegiatan pelatihan seperti ini setiap tahun,” imbuhnya.
Atas semua yang disampaikan, dia berharap agar seluruh peserta yang sebagian besar adalah para ibu-ibu, dapat memanfaatkan kegiatan pelatihan. Maksudnya untuk memahami tentang gerakan 10 program pokok PKK dan permasalahan lain yang dihadapi. Metro7/Ibn-RB