Teugku Ali Khan
TAMIANG LAYANG — Pengobatan alternatif atau pun tradisional sejak lama menjadi pilihan masyarakat, salah satu alasannya adalah tarifnya yang terbilang murah dibanding pengobatan modern. Salah satunya yang kini hadir di Kota Tamiang Layang sdalah Pengobatan Tradisional Cina (PTC) tanpa operasi dan injeksi yang menggunakan Metode Theraphy Neuro Volt-Free Medicalis disertai dengan terapi bekam untuk mengeluarkan darah kotor/racun dalam tubuh, menggunakan bahan herbal dengan kombinasi 44 macam ramuan dari Arab dan Cina dengan melihat komplikasi dan gejala penyakit yang diderita.
Pengobatan ini diklaim mampu mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kencing manis, asam urat, rematik, darah tinggi, kanker rahim/kista, asma/sesak napas, prostat, hernia, maag/asam lambung, ginjal, TBC/paru-paru, lemah syahwat/impotensi, strooke, keputihan, ingin punya keturunan, amandel, gondok, radang telinga, mata kabur/katarak, liver dan jantung koroner. PTC yang beralamat di menetap Jl A Yani Mungkur Kandangan RT 01 Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Bartim ini disebut-sebut berbeda dengan jenis pengobatan lain, buka setiap hari dari Jam 08.00 WIB sampai 20.00 WIB di mana hari libur/Minggu tetap buka.
Hal itu diungkapkan tenaga ahli dan profesional PTC, Teuku Ali Khan. Ia berujar, sejak membuka praktek di Tamiang Layang selama kurang lebih empat bulan, sedikitnya sudah 60 pasien mereka tangani dengan penyakit yang beragam.
“Bagi masyarakat yang tidak kunjung sembuh dan sudah berobat kemana-mana  atau takut operasi, maka Pengobatan Tradisional Cinalah solusinya, karena tanpa operasi dan injeksi yang menggunakan bahan herbal tanpa zat kimia dan mengobati sampai sembuh. Kunjungi dan buktikan sendiri. Ditangani oleh tenaga ahli dan Pprofesional kami. Yakinlah bahwa segala penyakit pasti ada obatnya,” katanya.
Pria asal Aceh ini menerangkan, untuk penyakit asam urat, biasanya gejalanya tangan dan kaki terasa kaku, sakit di persendian lutut dan pinggang, bisa menyembabkan kaki dan tangan bengkak dan radang persendian, sedangkan Kencing manis gejalanya tangan kaku, telapak kaki tebal, tenggorokan kering, nafsu makan bertambah, sering kencing, mata kabur dan stamina menurun. Sementara untuk rhematik gejalanya meliputi peradangan dan hilangnya fleksibilitas sendi, demam, nyeri sendi bahkan sampai tulang kaku. Penyakit TBC/paru-paru gejalanya batuk berdarah, badan kurus, demam, sesak nafas, berat badan turun, nafsu makan hilang, nyeri di dada dan tubuh lermah.
“Penyakit sesak nafas/asthma gejalanya sukar bernafas, rasa berat dan kejang pada dada disertai batuk dengan dahak yang kental dan lengket, perasaan gelisah dan cemas, sedangkan penyakit kanker payudara gejalanya adalah bintik-bintik merah di sekitar payudara yang lama-kelamaan muncul benjolan dan terasa nyeri bahkan terasa sampai ke bahu. Sedangkan lemah syahwat gejalanya kurang ereksi, kurang kuat serta tidak tahan lama itu penyebabnya yaitu faktor pikiran sering stres dan penyempitan pembuluh darah. Kalau darah tinggi denyut jantung cepat, kepala terasa pusing atau berat serta cepat emosi, pundak kaku dan bisa menyebabkan strooke,” ungkapnya.  
Teuku Ali juga menambahkan, untuk gejala penyakit maag/lambung mengakibatkan nyeri perut pada bagian atas rasa seperti terbakar serta kembung, mual, kadang-kadang muntah dan sakit kepala. Pada penyakit sinusitis/polip gejalanya adalah sakit kepala di ubun-ubun, kadang bisa menyebabkan sakit telinga dan leher serta nyeri di sekitar alis mata, dahi, hidung tersumbat, penciuman berkurang, demam serta lesu dan badan kurang sehat. Metro7/Ali