KOTABARU — Gelar kejuaraan Piala Bupati Kotabaru cabang olahraga bulutangkis memperingati Harjad Kabupaten Kotabaru ke-62, yang dilaksanakan dari tanggal 12-17 Juni 2012, berhasil mencetak juara baru untuk kelas perorangan putra. Pasangan Dedy Perdana dan Fachri dari  Pb  STKIP berhasil menaklukkan pasangan ganda perorangan terkuat Kotabaru sepanjang dekade ini, yakni Askar dan Samsuddin alias Cimut,  kendati dengan rober set. 
Dengan demikian, untuk pertama kalinya PB STIKIP dari jurusan Penjaskes tersebut menorehkan nama dalam cabang olahraga bulutangkis di Kotabaru. Selain itu, Dedy Perdana juga berhasil menyumbangkan gelar Juara 3 Tunggal Putra Dewasa, setelah mengalahkan Wendy Setiawan RA dalam perebutan 3 dan 4.
Manager PB STIKIP,  Juhransyah SPd ketika ditemui menyatakan, sebenarnya Mahasiswa Stkip Paris Barantai Kotabaru memiliki beberapa pemain  bagus, namun sepanjang ini belum pernah dibina secara serius, mengingat kesibukan pada kegiatan akademik yang sangat padat.
Pada kejuaraan piala Bupati memperingati Harjas Kotabaru ke-62 sekaligus dirangkai sebagai acara peringatan Proklamasi RI yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan Agustus mendatang ini, digelar beberapa kelas, Yakni Ganda Peregu Putra, Ganda Perorangan Bebas, Single Putra Dewasa, serta Single Putra tingkat SD, SMP dan SMA.
Ganda Peregu Putra yang membolehkan memakai pemain sewaan dari luar Kotabaru pada kejuaraan ini menjadi tontonan menarik bagi para penggemar tapak bulu Kotabaru, kendati pada satu poolnya dibatasi oleh peraturan panita (PBSI Kotabaru – red), hanya boleh menurunkan dua orang pemain sewaan dari luar.
Keluar sebagai finalis pada Ganda Peregu Putra, terjadi (all Sungai Bali final). Yakni PB Sungai Bali A berhadapan PB Sungai Bali B, dan keluar sebagai Juara I adalah PB Sungai Bali A yang menurunkan pemain sewaan dari Banjarmasin,  Santaso dan David dari Sungai Danau Tanahbumbu . Sementara PB Sungai Bali B yang menurunkan pemain sewaan dari Banjarmasin, Marvel daj M Fahmi,  harus puas pada posisi Runner up atas kekalahannya 1-2 dari Sungai Bali A.
Ganda Peregu Putra PB Rigtenders yang pada beberapa gelar kejuaraan terakhir tidak pernah absen meraih piala, pada even ini harus gigit jari setelah  disungkurkan PB Sungai Bali  B pada perempat final, dengan skor 1-2.
Pemain sewaan Rigtenders, Ari Hubairi dan Ihwan dari Banjarmasin juga tidak dapat berbuat banyak menghadapi pemain sewaan PB Sungai Bali A, dari Banjarmasin, Santoso,  yang hanya menggandeng pemain lokal Kotabaru, Sombet, sebagai partnernya. Bahkan, meraih set perpanjangan pun (rober set-red), pasangan Ari Hubairi Ihwan tidak mampu.  Hingga pada perebutan Juara III dan Harapan I, Rigtender berhadapan dengan PB Halchon yang dimotori oleh Askar/Cimut, lagi-lagi  takluk  1-2  dan harus puas pada posisi Harapan I. 
Meski demikian, pada kelas Ganda Bebas Putra, Suparno pasangan Suryadi dari PB Rigtenders tetap saja membawa hasil, kendati hanya Juara 3 setelah mengandaskan perlawanan pasangan Abd Gaffar, Fahri dari PB Halchon pada perebutan Juara III dan Harapan I.
Juara Sigle Putra Dewasa diraih oleh Jamal, setelah pada gelar final Samsuddin/Cimut tdak dapat turun akibat cedera pada lengannya. Karenanya, tanpa tanding Jamal mutlak keluar sebagai juara satu dan Cimut hanya Runner up.  Metro7/ANDI