BNNK Kabupaten Balangan menyambut Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2012 belum lama tadi dengan lomba gerak jalan santai bagi kalangan pelajar di halaman kantor BNNK Kabupaten Balangan. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Balangan Ir H Ansharuddin didampingi Kajari, Kasat Narkoba serta Kepala BNNK Balangan, Suhaili  selaku pemandu acara.
Wakil Bupati Balangan Ansharuddin dalam kesempatan itu mengungkapkan betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan. Ia berharap BNNK bisa menjadi pedoman dan pemikiran yang matang betapa ruginya menggunakan Narkoba yang dapat merusak saraf sehingga tidak bisa berjalan sesuai fungsinya lagi.
Pelajar jangan sekali-kali mencoba menggunakan narkoba, karena akan berdampak negatif  bagi kehidupan dan masa depan sendiri, tandasnya.
Sementara Kajari dan Kasat Narkoba kembali mengingatkan, baik pengguna maupun pengedar Narkoba yang tertangkap, akan mendapatkan hukuman minimal 5 tahun penjara dan bagi siapa pun yang tidak melaporkan atau melindungi juga akan diberikan hukuman sesuai undang-undang yang telah ditetapkan.
Menurut Kasi Pembermas, Arief Rakhman, peringatan HANI ini juga merupakan salah satu cara untuk menghimbau masyarakat, khususnya orang tua dan murid agar selalu menjaga keluarganya dari pergaulan bebas dan peredaran narkoba yang sudah sangat memprihatikan serta mewabah di kalangan pelajar Kabupaten Balangan.
“Kami berharap kegiatan yang dilakukan BNNK ini, dengan penanganan yang maksimal dibantu semua pihak terkait, penyalahgunaan Narkoba bisa menurun drastis serta munculnya kesadaran bahwa narkoba bukan jalan untuk meraih kesuksesan. Bagi yang sudah kecanduan narkoba diharapkan melaporkan diri atau keluarganya ke BBNK Balangan untuk kemudian dikirim ke Lido Bogor untuk diberikan pengobatan serta bimbingan secara gratis tanpa dipungut biaya, ujar Arif.
Terkait Lomba Gerak Jalan dalam rangka HANI 2012 BNNK, telah disediakan hadiah undian, antara lain kulkas, TV, sepeda gunung dan hadiah hiburan lainnya.
Usai pengundian, hadiah TV jatuh ke tangan pelajar SMA 1 Paringin yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ansharruddin diikuti Kajari dan Kasat Narkoba Polres Balangan. Metro7/Sri