PARINGIN – Desa Guha Kecamatan Batumandi resmi dicanangkan sebagai Kampung KB di Kabupaten Balangan oleh Bupati H Ansharuddin, Selasa (26/4), dan dihadiri secara langsung oleh Raudatul Jannah Sahbirin atau yang biasa disapa Acil Odah.
 Dalam sambutannya, Ansharuddin mengatakan, pencanangan kampung KB ini merupakan wujud nyata dan implementasi dari visi pemerintah daerah Kabupaten Balangan 2016-2021, yaitu terwujudnya Balangan yang maju dan sejahtera melalui pembangunan SDM, terutama dalam misi meningkatkan kualitas SDM melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan.
 “Kita harapkan, dengan pencanangan ini, dapat mengubah paradigma terhadap pengendalian penduduk melalui program KB dengan slogan dua anak cukup, menjadi bagaimana kita meningkatkan dan membangun keluarga yang maju sejahtera, agamis dan berbudaya,” ungkapnya.
 Lebih lanjut ia juga mengharapkan program ini terprogram secara terpadu, sehingga dapat mencatat hasil dan tujuan yang diinginkan.
 Yang perlu diperhatikan dan dipahami bersama kata Anshar, bahwa sebagai sebuah proses, indikator ketercapaian model kampung KB ini tidak semata-mata hanya dilihat dari hasil melainkan dari input, proses dan output.
 Lebih lanjut Anshar mengintruksikan agar Kampung KB ini dan Program KB secara umum di Kabupaten Balangan benar-benar dijalankan dengan sebaik-baiknya, sehingga peningkatan akseptor KB pada tahun ini sebesar 80 persen dapat tercapai, dan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya, sampai pada lima tahun yang akan datang peningkatan akseptor KB ini dapat mencapai 92 persen.
 Berangkat dari sana, Anshar meminta kepada seluruh Camat untuk membentuk Kampung KB percontohan di setiap kecamatan, dan kepada seluruh SKPD untuk membuat program dalam Kampung KB tersebut, supaya Kabupaten Balangan bisa sejajar dengan kota da kabupaten lainnya di Kalsel. (metro7/wnd)