Bupati Balangan Ir H Sefek Effendie dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap segala upaya yang bertujuan untuk mengatasi dan mencegah permasalahan kependudukan, termasuk melalui program Keluarga Berencana (KB).

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Bhakti Sosial KB TNI, dalam rangka pelayanan 1.000 MOP, di aula Benteng Tundakan Pemkab Balangan belum lama tadi.

“Saya sangat mendukung segala upaya yang bertujuan untuk mengatasi dan mencegah permasalahan kependudukan, termasuk program Keluarga Berencana,” tegasnya.

Dukungan itu kata Sefek perlu ditingkatkan lantaran melihat kecenderungan pertumbuhan jumlah penduduk Kabupaten Balangan beberapa tahun terakhir yang relatif masih tinggi .
“Penduduk dan kondisi sumber daya ekonomi sekarang ini yang dimiliki Kabupaten Balangan memang masih bisa bernapas lega, namun bukan itu yang harus dilakukan. Tentu saja kita tidak hanya memikirkan masa kini, melainkan juga harus mengantisipasi masa depan dengan segala persoalannya,” ucap Sefek.

Dikatakannya, program KB Kabupaten Balangan dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak secara simultan, sehingga diharapkan berbagai aspek permasalahan di dalamnya,dapat dijawab secara lebih komprehensif.

“Saya harapkan, keikutsertaan berbagai pihak dengan latar belakang dan spesialisasi yang berbeda-beda ini tetap memanfaatkan keunggulan di bidang masing-masing,” tambahnya.

Namun, bupati menghimbau jangan sampai masing-masing menjadi egois dan beranggapan bahwa pihaknyalah yang lebih hebat dibanding yang lain. Setiap pihak turut memainkan peranan masing-masing di dalam sebuah tim, jadi tidak ada peran yang tidak penting.
“Ibaratnya, sebuah sekrup mungkin bukan benda penting, tapi bila sekrup yang seharusnya ada, tidak terpasang dengan benar atau bahkan hilang, kita tentu tahu resiko apa yang menghadang pengendara maupun penumpangnya,” tutup Sefek. Metro7/Sri