PARINGIN – Desa Hamparaya Kecamatan Batu Mandi dan Kelurahan Paringin Kota Kecamatan Paringin terpilih mewakili Kabupaten Balangan mengikuti ajang tahunan Lomba Desa (Lomdes) dan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel.
Kegiatan penilaian Lomdes dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2012 itu, dihadiri langsung oleh bupati Balagan Ir H Sefek Effendie, jajaran pejabat Pemkab Balangan, para Kepala SKPD dan tentu saja rombongan tim penilai dari Provinsi Kalsel.
Sebelumnya, melalui berbagai kreteria penilaian, kedua desa tersebut berhasil terpilih menjadi Juara I sesuai kategori masing-masing di tingkat Kabupaten.
Menurut tim penilai, setidaknya ada 8 kriteria yang menjadi penilaian mereka, di antaranya bidang administrasi, profil, kesehatan, pendidikan, PKK, keamanan dan ketertiban, ekonomi, dan kelembanggaan .
Sefek berharap agenda rutin tahunan ini dapat dijadikan pemacu semangat dan inovasi dalam pembangunan, untuk meningkatkan tertib administrasi Pemerintahan Desa, sekaligus sebagai media untuk meningkatkan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong dalam membangun desa.
“Hal yang sangat penting dari pelaksanaan lomba ini adalah akan dapat menimbulkan dampak positif bagi penyelenggaraan desa dan kehidupan masyarakat sehari-hari secara menyeluruh,” ujarnya.
Ditambahkan Sefek, sebelumnya tim penilai Kabupaten Balangan memilih Desa Hujan Mas sebagai pemenang, disebabkan oleh beberapa faktor terkait degan berbagai kelebihan dan keunggulan. Di antaranya dalam bidang administrasi desa yang relatif lebih baik, didukung oleh semangat gotong royong masyarakat yang masih relatif tinggi, serta mempunyai kegiatan usaha ekonomi produktif yang menjadi nilai tambah bagi penghidupan masyarakat.
Sebagai wakil Kabupaten Balangan pada Lomdes dan Kelurahan Tingkat Provinsi, bupati Sefek mengharapkan keikutsertaan Desa Hujan Mas tidak sekadar dapat mewarnai dan meramaikan kompetisi, akan tetapi lebih dari itu, pada tahun ini dapat meraih prestasi.
“Namun demikian, di sisi lain pemerintah yakin dan percaya bahwa tim penilai akan memberikan penilaian yang obyektif dan profesional, sesuai kondisi yang ada di lapangan, sehingga apa pun hasil dan keputusannya, kami akan sangat menghormatinya. Betapa pun kami sangat rindu menjadi salah satu yang terbaik di Provinsi Kalsel,” harap Sefek Effendie. Metro7/Sri