TANJUNG — Sebanyak 120 orang siswa-siswi SMK di Tabalong mengikuti pelatihan program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja (PK PTK) Tahun Anggaran 2012. Pelatihan kerja berbasis masyarakat (institusional) dengan beberapa jurusan ini meliputi jurusan Sekretaris Kantor, Operator Komputer, Akuntansi, Mobil Diesel, Las Listrik dan Instalasi Listrik/AC. Program ini dilaksanakan dari tanggal 16 Mei–14 Agustus 2012.
Kegiatan program Disnakertrans itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH, Selasa (23/5/2012) lalu bertempat di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Belimbing.
Hadir dalam acara pembukaan, Kepala Disnakertrans Kabupaten Tabalong Drs H Kiswanul Ariffin MSi, Kepala BLK Lilik Prasetyo SE dan beberapa Kepala Bidang, Staf Disnakertrans.
Acara diisi dengan sambutan Kepala Disnakertrans dan Wakil Bupati Tabalong yang dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta oleh H Muchlis SH didampingi Kadisnakertrans kepada perwakilan peserta.
Dalam sambutannya, Drs H Kiswanul Ariffin MSi menjelaskan, program Peningkatan Kualitas dan Produktifitas Tenaga Kerja merupakan program Disnakertrans dalam upaya meningkatkan mutu SDM calon tenaga kerja yang berkualitas dan profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing. Program ini terselenggara atas dukungan dana APBD tahun anggaran 2012.
Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi mengharapkan kepada para siswa dapat memanfaatkan kesempatan yang baik itu.
Pelatihan keterampilan ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi diri pencari kerja serta memiliki daya saing yang kuat di masa yang akan datang, baik sebagai pekerja formal maupun informal.
Para siswa dalam pelatihan akan dididik menjadi seorang yang mempunyai keterampilan dasar di bidangnya masing-masing.
Keterampilan yang akan diberikan ini tidak akan bermanfaat apabila tidak diterima dengan konsentrasi, disiplin, dan etos kerja yang baik. Sehingga para peserta akan menjadi pekerja yang cerdas, tangguh dan bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan daerah, sehingga dengan demikian kesejahteraan masyarakat dapat tercapai sesuai visi untuk mewujudkan masyarakat Tabalong yang cerdas, sehat sejahtera berbasis agamis,” ujar Wabup.
Secara terpisah, Kepala BLK Tanjung Lilik Prasetyo SE kepada Metro7 menjelaskan, kegiatan program pelatihan keterampilan ketenaga kerjaan senantiasa didukung Pemkab Tabalong melalui dana APBD, mengingat sebagian besar hasil program ini bisa tersalurkan menjadi tenaga kerja di perusahaan-perusahaan maupun instansi.
Dalam program PK PTK tahun 2012 ini merupakan pelaksanaan program tahap I dan dari jumlah calon peserta siswa SMK sebanyak 250 orang, dinyatakan berhasil mengikuti test pengetahuan umum dan phisykotes sebanyak 120 orang.
Ke depan, pihak BLK juga akan melaksanakan program pelatihan keterampilan khusus operator alat-alat berat. Untuk itu, pihak BLK telah mempersiapkan dua orang instruktur yang saat ini sedang dilatih di Jakarta selama 20 hari atas kerjasama Disnaker dengan Kementerian PU Pusat,” sebutnya. Metro7/Via