Guna melihat lebih dekat dan mengetahui kondisi masyarakat perdesaan di wilayah utara yang berada di desa terpencil Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong, sejumlah elemen masyarakat dan pihak pemerintah yang bergabung dalam satu tim melakukan survei teritorial Kamis (10/5/2012) lalu. Rombongan yang berangkat pagi hari itu terdiri dari unsur Dinas PU Tabalong, Dinas Kesehatan, Ormas PC, Pemuda Panca Marga (Resimen Yudha Putra), tidak ketinggalan juga Dandim 1008 Tanjung Letkol Inf Bambang Indrayanto, Drs H A Bakhit M.Si mantan Sekda, Drs H Wahyu Subadi MSi mantan Asisten I Setda Tabalong dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.
Tim survei sesampainya di Desa Tiara kemudian mempersiapkan diri masing-masing konvoi menuju Desa Binjai dan terus menuju Desa Santuun dilanjutkan ke Desa Salikung. Di desa ini, tim harus bermalam dan baru kembali ke Tanjung sore harinya.
Di Desa Salikung, tim merasakan kondisi jalan yang kurang layak dilewati dan mengharuskan mereka bersama-sama mendorong mobil yang amblas di jalan dan tidak hanya itu, mereka pun mau tidak mau menggunakan sarana transportasi sungai berupa kelotok atau sampan mesin bahkan beberapa di antara mereka harus rela berjalan kaki puluhan kilometer.
Rombongan yang tiba sekitar pukul 17.30 itu di Desa Salikung disambut oleh aparat desa dan masyarakat, usai melaksanakan shalat berjamaah di masjid setempat. Acara dilanjutkan dengan silaturahmi rombongan dengan segenap masyarakat yang hadir di hadapan sekitar 200an warga.

Dandim 1008 Tanjung dan Drs H A Bakhit MSi menjelaskan kedatangan im ke Desa Salikung untuk melihat langsung kondisi di desa terpencil itu, tidak ketinggalan juga Kadis PU Tabalong Ir H Arifin Noor MT menjelaskan seputar tugas ke PUan terkait infrastruktur jalan dan jembatan, dalam kesempatan silaturahmi itu pula perwakilan masyarakat desa berharap agar sarana jalan Salikung-Santuun yang panjangnya sekitar 17 kilometer supaya bisa segera dilakukan perbaikan, agar arus transportasi bisa lancar. Harapan warga masyarakat tersebut menjadi catatan bagi Kadis PU untuk diprogramkan perbaikan dan peningkatan jalan/jembatan. Metro7/Via