Kambitin
Desa Kambitin Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong terpilih mewakili lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2012.
Seiring prestasi itu, Rabu (9/5/2012) lalu, Desa Kambitin mendapatkan penilaian langsung dari tim penilai lomba desa provinsi Kalsel yang dipimpin Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kalsel Masderiansyah, disertai delapan anggota penilaian lainnya.
Bertempat di halaman Kantor Desa Kambitin, dalam pembukaan penilaian jajaran pejabat Pemerintah KabupatenTabalong menyaksikan apa yang dilakukan nilai.
Bupati Tabalong H Rachman Ramsyi ketika hadir di tengah-tengah acara itu berharap Desa Kambitin bisa menjadi pemenangnya. Juara satu, dua atau tiga.
Angan-angan juara yang dikemukakan Bupati bukan sekedar harapan kosong. Hal yang lebih meyakinkan penilaian adalah tingginya rasa kegotong-royongan masyarakat Desa kambitin dengan Pemerintahan desanya yang kuat.
Hal itu antara lain terlihat dari hiasan di sepanjang pinggiran jalan menuju desa tersebut, sejauh lima kilometer panjangnya.
”Tadi saya sengaja mengajak rombongan penilai lewat hutan. Supaya tahu bagaimana Kambitin. Tadi di sepanjang jalan lima kilometer ada hiasan patok-patok berwarna yang ditancapkan. Itu tidak bisa jika dikerjakan aparat desa sendiri, tetapi harus gorong-royong. Jadi saya yakinkan ke penilai, desa ini masih kental rasa ke gotong-royongannya,” ucap Bupati dalam sambutannya.
Masderiansyah pun mengakui apa yang dikatakan Bupati. Hanya saja, dalam penilaian turut dilihat apakah Pemerintahan Desa berjalan sebagai mestinya atau tidak. Tidak hanya terpampang nama-nama dalam struktur pemerintahan, tetapi apa yang dikerjakan selama dua tahun terakhir. 2010 dan 2011.
”Nama-nama aparat desa tadi semuanya dihafal Kepala Desa. Tapi apa Pemerintahan Desa berjalan baik. Nanti kami periksa dulu,” sebutnya.
Selain dua petinggi pemerintah, sebelumnya Kepala Desa dan Ketua PKK Desa Kambitin juga turut menyampaikan paparannya terkait program kerja, sebagai pembuka pengetahuan awal penilaian lomba.
Jajaran pejabat Pemkab Tabalong tidak hanya diwakilkan Bupati, Sekretaris Daerah Tabalong H Abdel Fadillah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Zulfan Noor dan Camat Tanjung Tajuddin Noor hadir turut di sana.

Tidak ketinggalan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong Hj Sumiati Rachman Ramsyi, selaku Pembina PKK Desa Kambitin yang turut dinilai pejabat Provinsi Kalsel tersebut. Metro7/LQ