BARABAI — Sekda HST IBG Dharmaputra terpilih sebagai Ketua Kwarcab Pramuka HST periode 2011-2016 pada Musyawarah Cabang (Muscab) gerakan Pramuka di Aula SMAN 1 Barabai, Rabu (21/3) lalu.
Acara yang berlangsung satu hari ini diikuti sebanyak 60 orang yang terdiri dari 11 Kwartir Ranting yang mana setiap Ranting terdapat lima orang, di antaranya dua orang pengurus Kwartir, satu orang dari Mabiran dan dua orang dari DKR. Dari Kwartir Cabang sebanyak lima orang yang terdiri dari dua orang pengurus Kwartir, satu orang dari Mabicab dan dua orang dari DKC.
Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan H Hadriansyah, Camat Barabai Abdi Sisbari, Camat Pandawan Husairi dan Camat LAU Setia Budi, para pengurus Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang, serta seluruh anggota Pramuka lainnya.
Dalam laporannya, Ketua Panitia Muscab Gerakan Pramuka HST H M Idris A melaporkan bahwa kegiatan ini berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Gerakan Pramuka, yang bertujuan untuk memilih kepengurusan baru di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka HST masa Bakti 2011-2016.
Acara 5 tahunan sekali ini mengagendakan pertanggung jawaban Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 2005-2010 dan menetapkan Rencana Kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten HST Masa Bakti 2011-2016.
Muscab Gerakan Pramuka Kwarcab HST ini merupakan agenda tetap lima tahunan dan amanah organisasi yang harus dilakukan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan dan evaluasi kerja lima tahun dan penyusunan rencana kerja lima tahun Gerakan Pramuka Kwarcab HST, agar sasaran program dapat diselenggarakan secara efektif dan efisien.
Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten HST H Hadriansyah dalam sambutannya yang sekaligus membuka secara resmi Muscab Pramuka, menegaskan bahwa Pramuka merupakan alat pemersatu bangsa. Di mana Pramuka dibangun atas asas kebersamaan dan gotongroyong.
“Pramuka harus mampu menjunjung tinggi kebersamaan dan Pramuka merupakan salah satu komponen yang membentuk karakter bangsa. Untuk itu, saya menegaskan, siapa pun ketuanya, harus menjadi pemimpin yang mampu menjalankan roda organisasi dengan baik. Karena Pramuka merupakan Organisasi Masyarakat yang dibangun dengan asas kebersamaan,” tuturnya. advhst