Menyikapi situasi keamanan di wilayah Kabupaten Balangan yang belakangan kurang kondusif, Pemerintah setempat menghimbau agar penjagaan warga secara swadaya memalui Pos Keamanan Keliling (Poskamling) kembali diaktifkan di setiap desa.

Himbauan tersebut disampaikan Pemkab Balangan melalui Badan Keselamatan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kabupaten Balangan.
Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Balangan, Hifni Effendi, Rabu (7/3) kemarin menerangkan, sebagaimana program pemerintah kecamatan yang butuh pengawasan serta peningkatan, sejumlah program yang dinilai mulai lemah kembali diaktifkan secara baik. ”Menjaga situasi dalam kendali keamanan pada siang dan malam hari secara terkoordinir oleh pemerintah desa atau pun kecamatan, tentu akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan warga,” ujarnya.
Ditegaskannya, bukan hanya program Poskamling, namun juga program lapor 1 x 24 jam bagi setiap tamu atau warga masyarakat pendatang harus kembali dilakukan. Ia mengamati, hal itu sering sekali tidak diperhatikan untuk antisipasi keamanan secara baik.
Disebutkannya, secara teknis program tersebut harus dapat dilakukan dengan tetap berkoordinasi dengan sejumlah lembaga lain yang berperan, seperti pihak kecamatan, kepolisian, dan koramil.
”Secara teknis, dapat dikoordinasikan dengan Kecamatan, Polsek dan Koramil,” ujarnya.
Terkait situasi keamanan akhir-akhir ini dirasakan kurang kondusif oleh warga masyarakat wilayah Kabupaten Balangan, Hifni tidak membantah. Dijelaskannya, ada kaitannya mengaktifkan program-program mengenai keamanan dari tingkat desa sampai dengan kecamatan dengan kondisi daerah saat ini.
”Ini hanya bentuk antisipasi saja. Bahkan, kondisi di wilayah Balangan saat ini masih dapat dikatakan kondusif. Jika, tidak percaya berkunjung saja ke Kabupaten Balangan,” tegasnya. Metro7/usy