Usung Drs H Gazali Rahman MSi
AMUNTAI — Partai Demokrat (PD) HSU sudah menggandeng Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Nahdatul Ulama Indonesia (PPNUI) serta beberapa partai non parlemen seperti PDIP, Gerindra, Hanura, PKPB dan PPRN untuk bentuk koalisi besar menghadapi Pemilukada Juni mendatang.

Ketua DPC Partai Demokrat HSU Fahri Ilhami SE kepada Metro7, Senin (27/2) lalu membenarkan hal itu.
“Kita sudah sepakat untuk berkoalisi dalam Pemilukada Juni mendatang. Kesepakatan itu tertuang dalam Surat Koalisi yang sudah ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris masing-masing partai,” jelasnya.
Ditambahkannya bahwa koalisi yang sudah mendapat restu dari pengurus provinsi masing-masing itu terdiri dari 3 partai parlemen dan 5 partai non parlemen. Seluruhnya sepakat untuk mengusung H Gazali Rahman yang saat ini masih menjabat Staf Ahli di Setda HSU sebagai calon Bupati HSU periode mendatang.
Menurut Fahri, pihaknya berkeinginan melanjutkan perjuangan Bupati-Bupati terdahulu, dengan memilih calon yang berasal dari kalangan birokrat.
“Gazali merupakan calon dari birokrat dan beliau memang benar-benar berpengalaman dalam bidang pemerintahan,” ujarnya.
Mengenai calon Wabup, menurut Fachri masih dalam tahap perundingan, karena dari beberapa calon yang ada, belum bisa diputuskan siapa yang pantas untuk jabatan itu. Namun begitu, dalam waktu dekat akan sudah ada keputusan siapakah yang nantinya akan muncul sebagai Cawabup dari koalisi besar ini, karena tim koalisi pun sudah sepakat memberikan keleluasaan kepada H Gazali Rahman untuk menentukan sendiri siapa pendampingnya.
Banyaknya partai yang bergabung dalam koalisi ini, membuat tim semakin optimis akan dapat memenangkan Pemilukada HSU.
“Kemungkinan besar PKS juga akan bergabung dalam koalisi ini, karena turut hadir pada pertemuan yang baru-baru tadi digelar, namun saat itu PKS masih meminta waktu untuk membicarakan lebih lanjut dengan PKS Wilayah,” sebut Fachri bersemangat.
 Kalau PKS sudah resmi bergabung, pihaknya akan segera mengadakan konferensi dan juga akan segera dibentuk Tim Pemenangan untuk pasangan terpilih.
Sementara calon Bupati terusung Drs H Gazali Rahman MSi saat dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan pencalonan dirinya yang merupakan koalisi dari 8 partai tersebut.
“Alhamdulillah, beberapa partai yang berkoalisi mempercayakan saya sebagai calon Bupati HSU pada Pemilukada Juni mendatang,” akunya.
Ia pun membenarkan bahwa koalisi juga mempercayakan dirinya untuk menentukan sendiri calon wakil yang bakal menjadi partner kerja.
Walaupun saya sudah diberi kewenangan, namun saya tetap akan melibatkan partai dalam memutuskan calon wakil nanti,” ujarnya seraya menyebutkan bahwa sudah selayaknya HSU lima tahun ke depan dipimpin oleh pasangan birokrat dan politikus.
Pernyataannya tersebut dianggap sejumlah kalangan sebagai signal bahwa ia akan memilih wakil dari kalangan partai. Sementara rumor yang beredar sendiri menyebut Ketua Partai Demokrat HSU Fahri Ilhami SE dan Sakir Jamil, Ketua DPD PAN HSU merupakan kandidat terkuat calon Wakil Bupati dimaksud.
Kandidat lain yang juga disebut-sebut berpeluang untuk maju adalah Mahyudin, pengusaha yang juga sudah mendaftar ke partai koalisi.
Dari informasi yang berhasil dihimpun Metro7, hingga saat ini sudah ada 6 calon pasangan Bupati yang resmi menyatakan siap bertarung dalam Pemilukada HSU. Mereka adalah Drs H Abdul Wahid HK MM Msi-H Husairi Abdi (Golkar), Drs HA Hasib Salim MAP-H Maliki Djarkasi SH MM, pasangan da’i koalisi antara PKB, PBB dan PKPI, H Mukaram Fikrie SE merupakan calon dari PBR, dan yang terakhir adalah Drs H Hamli Kursani MSi-Sutoyo Sandi, calon dari PPP.
Pemilukada HSU Juni 2012 mendatang juga akan diikuti satu-satunya pasangan dari jalur independen, yakni H Syahdillah SSos MSi-H Didi Buhori SSos. Metro7/Ayie