SyahdilahDidi Buhori Melanggeng
Cabup H. Syahdillah.S.Sos. M.Si ok
AMUNTAI – Pihak KPUD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memastikan, untuk calon perseorangan atau independen cuma satu pasang yang lolos ke tahap selanjutnya dalam ajang Pemilukada HSU Juni mendatang, yaitu Pasangan H Syahdillah SSos MSi dan H Didi Buhori.SSos (Odong), karena berkas dukungan calon dari pasangan Sessi Muya Baret Rivilla ST MTH Mahyudin.S.Sos tidak mencukupi target.

Kepastian itu disebutkan oleh Ketua KPUD HSU Muhammad Noor SPd kepada Metro7, Sabtu (25/2) lalu.
 “Cuma satu yang berhasil lolos ke tahap verifikasi faktual, yaitu pasangan H Syahdillah SSos MSi dan H Didi Buhori SSos, karena berkas dukungan calon dari pasangan Sessi Muya Baret Rivilla ST MT dan H Mahyudin SSos tidak mencukupi, sehingga tidak bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya,” jelasnya.
Dengan hasil tersebut, berikutnya KPUD HSU akan melakukan verifikasi faktual terhadap data dukungan calon pasangan yang lolos pada tahap sebelumnya. Seandainya pada saat verifikasi di lapangan ada data dukungan dari calon yang rusak atau tidak memenuhi syarat, sesuai prosedur, pasangan calon masih diberi kesempatan untuk menambah lagi data dukungan tersebut sebanyak dua kali dari kekurangan yang ada.
Pasangan H Syahdillah Ssos MSi-H Didi Buhori SSos diketahui telah menyerahkan berkas dukungan sebanyak 16.753 KTP dari 127 desa/kelurahan dari 10 kecamatan Jumat (17/2) lalu sekitar pukul 15.00 WITA.
Dari jumlah tersebut, hanya 15 ribuan yang mencukupi syarat sebagai data pendukung, yang  artinya pasangan ini telah kehilangan sekitar 1.500 lebih data tidak sah.
Sedangkan pasangan Sessi Muya Baret Rivilla ST MTH Mahyudin SSos datang ke KPUD Jumat (24/2) malam pukul 23.40 wita atau 20 menit sebelum pendaftaran ditutup.
Mereka menyerahkan 15.535 berkas dukungan masyarakat yang berasal dari 156 desa dari 10 kecamatan. Namun setelah diverifikasi, cuma didapati 8.069 yang sah, yang menyebabkan pasangan ini kehilangan lebih dari 5 ribu data dukungan. Berkas-berkas tersebtu dinyatakan terbakar, karena didapati kondisinya double.
 “Karena pasangan Baret-Mahyudin gugur dalam verifikasi awal, dapat dipastikan Pemilukada HSU Juni mendatang hanya akan diikuti satu pasangan calon Independen, yakni pasangan H Syahdillah SSos M.Si dan H Didi Buhori SSos,” tutupnya. Metro7/Ayie