BARABAI — Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, tradisi merawat kecantikan kulit yang mengandalkan resep peninggalan leluhur, tetap terjaga hingga sekarang. Seperti dengan bedak basah, lulur Cingkaruk, Batimung dan jamu.

Bedak basah  biasanya digunakan untuk menghaluskan kulit wajah, menghilangkan flek hitam bahkan bisa jadi pelindung dari sinar matahari. Bedak basah atau biasa disebut pupur basah dibuat dari beras yang direndam selama beberapa hari,  dicampur bunga melati, kenanga dan  Sarigading yang kemudian digiling hingga berbentuk bulatan sebesar kelereng dan dikeringkan.
“Cara pakainya praktis. Cukup diberi air dan dioleskan ke wajah dan dibiarkan beberapa menit sampai mengering. Setelah beberapa waktu baru dibilas dengan air bersih. Setelah itu kulit wajah lebih halus, dan lembut,” kata Mariani, pengguna bedak dingin.
Jika ingin kulit tubuh sehat dan halus, luluran dengan  Cingkaruk juga biasa dilakukan. Cingkaruk terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus dan dicampur ramuan alami. Lulur ini berfungsi sebagai scrub. Cara pakainya  dioleskan secara merata ke seluruh tubuh, sebelum mandi.
“Cara menggunakannya sama saja dengan bedak dingin, tapi kalau Cingkaruk, dioleskan ke  seluruh tubuh, untuk mengangkat sel kulit mati,” jelas Aida, warga Barabai yang juga pedagang produk tradisional perawatan kulit.
Selain itu, ada juga terapi Batimung atau mandi uap air rebusan bunga-bungaan.  Cara ini dipercaya bisa membuat kulit lebih halus selain menghilangkan bau badan dan  mengeluarkan keringat.
“Bahkan bisa mengeluarkan penyakit,” jelas Aida.
Usai Batimung, bisa juga ditambah lagi dengan meminum jamu sirih, beras kencur, jahe atau  kunyit asam untuk melengkapi terapi alami ini.
Rusti, warga Barabai lainnya menjelaskan, bahan-bahan perawatan kulit tubuh dan wajah secara tradisional, mudah saja di temukan di pasar Barabai, yaitu dekat pedagang Apam. Harganya pun, cukup terjangkau.
Bahan timungan harganya bervariasi, dari Rp 7 ribu sampai Rp 25 ribu. Sedangkan Cingkaruk Rp 1.500 per bungkus dan pupur basah hanya Rp  1.000 per bungkus.  Tinggal pilih, mau perawatan tradisional dengan harga terjangkau, aman dan berkhasiat, atau perawatan kosmetik modern dengan harga lebih mahal. advhst