Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong yang baru dilantik H Rusmadi SAg SPdI berserta rombongan, Rabu (29/2) lalu melakukan silaturrahmi ‘mendadak’ ke beberapa unit kerja di wilayah Kementerian Agama di daerah Utara Tabalong. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung kondisi ‘asli” kinerja PNS berserta infrastruktur penunjang. Ada empat tempat yang sempat disambangi; Madrasah Tsanawiyah Negeri Jaro dan Muara Uya, KUA Jaro dan Muara uya.

“Alhamdulillah, hampir semua PNS di semua lokasi unit ini, hadir saat jam kerja. Ini bertanda baik. Apalagi kedatangan kita bermaksud mensosialisasikan beberapa peraturan, di antaranya jam masuk dan pulang,” tandas Kakankemenag didampingi Kepala TU Kamenag Drs H Mustafa Inani dan Ketua Pokjawas Kartiansyah AMd.
Lebih jauh dia menjelaskan bahwa sosialisasi itu tidak lain sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran tentang peningkatan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan selatan yang belum lama ini diterima pihaknya.
Di depan Dewan Guru madrasah Tsanawiyah Jaro dan Muara Uya, H Rusmadi  memotivasi para pengajar. Menurutnya, supaya lembaga pendidikan berhasil, maka seluruh komponen pendukung harus saling bahu membahu, bekerjasama dalam menghantarkan anak didik berprestasi dan mampu meraih nilai tinggi dalam Ujian Nasional.
“Anak yang pintar dan siap itu adalah anak yang sedari dini sudah belajar. Mereka mengerti bahwa belajar itu adalah kebutuhan. Karena itu, waktu ujian dia tidak gelabakan. Bukan waktu belajar yang baik kalau besok  mau ujian, malamnya baru belajar. Kapan mampu menguasai mata pelajaran?,” ujarnya seraya mengisahkan kiat belajar seorang santri yang kini berhasil menjadi Ketua MUI HSU.
Lebih jauh, Rusmadi juga menginginkan kebersamaan membawa citra kementerian agama lebih baik, terhormat dengan menegakkan disiplin.
“Disiplin itu termasuk tidak mengorupsi waktu. Kita harus hati-hati, jangan sampai melanggar sumpah PNS. Allah Maha Bijaksana. Dia akan menghukum apa yang dilanggar hamba-Nya. Di akhirat, atau di dunia, secara langsung atau tidak. Karena itu kita harus hati hati, sebab hukuman sebagai balasan, akan tetap dilaksanakan,” katanya.
Sementara itu Drs H Mustafa Inani mengharapkan para PNS di lingkungan Kemenag setiap Senin awal bulan melaksanakan apel gabungan dengan berbaju hansip, Selasa baju kuning keabuan, Rabu baju biru, Kamis sasirangan/batik, Jum’at baju olah raga, dan Sabtu, baju dinas warna bebas.
Di kantor KUA Jaro dan M. Uya, selain bersilaturahmi, kepala dan rombongan jgua menitip pesan supaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, termasuk mengingatkan pentingnya tertib data. Metro7/usy