Dalam rangka percepatan pelaksanaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Tatanan RumahTangga tingkat desa tahun 2012, akan dilakukan lomba desa ber-PHBS tingkat kecamatan bulan maret-April 2012 mendatang. Pemenangnya akan ditunjuk mewakili kecamatan untuk mengikuti lomba tingkat kabupaten.

Berkenaan dengan hal ini Dinas Kesehatan yang dalam hal ini diwakili oleh Bidang Promosi Kesehatan selaku leading Sektor Pelaksanaan PHBS tingkat kabupaten, Kamis (1/3) lalu menyelenggarakan pertemuan untuk mensosialisasikan kegiatan Promosi Kesehatan tahun 2012 dan menyusun rencana jadwal penilaian lomba PHBS tingkat kabupaten.
Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Bidang Promosi Kesehatan Bapak Drs H Kusnandar, Kasi Penyuluhan Kesehatan, Kasi PSM, TP-PKK Kabupaten dan 15 orang Koordinator Promosi Kesehatan Puskesmas.
Dalam sambutannya, Kabid Promkes menyampaikan pesan bahwa kegiatan Promosi Kesehatan merupakan  tugas dan fungsi utama Puskesmas. Oleh karena itu petugas Promosi Kesehatan diharapkan bisa lebih aktif dan kreatif dalam menyusun rencana dan melaksanakan kegiatannya masing-masing, sesuai dengan kondisi dan budaya lokal di masing-masing kecamatannya.
Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan tentang teknik/tata cara dan kriteria penilaian lomba PHBS tingkat kecamatan oleh Kasi Penyuluhan Kesehatan, H Ahmad Rivai SKM MKes MSi dan Hj Rusmiati dari TP-PKK Kabupaten.
Pokok-pokok penilaian adalah presentase pelaksanaan 10 indikator PHBS Tatanan Rumah Tangga, adminsitrasi Dasa Wisma dan kemampuan kader dalam menjelaskan perihal seputar PHBS kepada Tim Juri dari Kabupaten.
Kabid Promkes dalam sambutan penutupannya menyampaikan pesan agar seluruh petugas Promkes di Puskesmas menyusun dan melaporkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2011 lengkap dengan nama-nama Kader PHBS yang ada di desa masing, sehingga dapat diketahui sebaran dari 1.310 Kader PHBS yang telah dilatih dalam 3 tahun terakhir.
Laporan tersebut selambat-lambatnya sudah diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Sabtu (10/3) pekan depan. Metro7/usy