Ismail Syarkawi
Perusahaan pertambangan batu bara nasional, PT Adaro Indonesia yang sebagian wilayah operasionalnya berada di Kabupaten Balangan, melakukan kegiatan sosialisasi pertambangan kepada para pelajar.

Humas PT Adaro Indonesia, Ismail Syarkawi di Dahai Office belum lama tadi mengatakan, kegiatan itu diberikan agar para pelajar lebih memahami dunia pertambangan, khususnya batu bara.
“Hal tersebut penting agar para pelajar tidak hanya sekedar tahu, tapi juga lebih memahami tentang aktivitas pertambangan batu bara, khususnya yang saat ini tengah dijalankan oleh PT Adaro Indonesia,” ujarnya.
Kegiatan tersebut dilakukan selama satu hari penuh pada Sabtu (14/1) lalu di Dahai Office dengan mengundang perwakilan OSIS SMU dan sederajat se-Balangan.
Ia mengatakan, selain tiga orang utusan perwakilan OSIS, masing-masing sekolah juga menyertakan satu orang guru pendamping.
“Kegiatan sosialisasi yang diberikan tema ‘Learning By The Game di mana para pelajar bukan hanya diberikan materi tentang pertambangan batu bara dan aktivitasnya, tetapi juga diajak bermain,” kata Ismail.
Pada kegiatan tersebut, para pelajar diberikan pemahaman tentang aktivitas pertambangan batu bara seperti lokasi penambangan, sarana dan prasarana tambang, reklamasi, disposal hingga pengolahan air dan kegiatan pasca tambang.
Mereka juga diajak melakukan permainan-permainan yang bermuatan motivasi dan mengajarkan pentingnya kerja sama kelompok atau team work.
Kegiatan tersebut sekaligus diisi tanya jawab di mana para pelajar bisa menanyakan langsung apa saja seputar kegiatan pertambangan batu bara oleh PT Adaro Indonesia.
“Diharapkan, para perwakilan OSIS dan guru pendamping yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menyampaikannya kembali ke sekolah masing-masing,” tambah Ismail.
Selain pemberian materi, para pelajar juga diajak melihat langsung areal dan aktivitas pertambangan batu bara PT Adaro Indonesia, di samping lokasi pembuatan Bio Diesel Fuel yang memproduksi bahan bakar ramah lingkungan, nursery atau pembibitan untuk kegiatan reklamasi serta water treatment process atau pengolahan air bersih yang berasal dari bekas galian tambang. Metro7/usy