MARTAPURA — Momen wisuda bukan berarti proses pendidikan mencapai titik finishnya, akan tetapi merupakan garis  start dari sebuah tanggung jawab yang lebih besar. Tanggung jawab pada diri pribadi, pada keluarga, masyarakat, daerah, bangsa dan Negara terlebih lagi pada Tuhan Yang Maha Esa.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Ir H Nasrunsyah MP, ketika menghadiri acara Sidang Senat Terbuka Wisuda dan Pelantikan  Diploma III Keperawatan Program Khusus Kelas Puskesmas Kabupaten Banjar dan Kelas Rumah Sakit Kotabaru Tahun Akademik 2011-2012, awal Februari lalu, di Guest House Sulthan Sulaiman, Martapura.
Kepada para Ahli Madya Keperawatan yang diwisuda tersebut, Nasrunsyah mengingatkan bahwa tugas ke depan telah menunggu. Keprofesionalan semua lulusan akan diuji dengan tantangan, di antaranya adalah perubahan dinamika kependudukan, ekologi dan lingkungan yang berbeda, kemajuan IPTEK serta globalisasi dan demokratisasi.
Ditambahkannya, sebagai tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan sisi kemanusiaan,  tugas mereka adalah mewujudkan peningkatan derajat kesehatan di semua elemen masyarakat.
“Abdikan ilmu yang didapat demi kemashlahatan orang banyak,  bekerjalah dengan standar profesi dan berpegang teguh dengan kode etik, serta layani beragam pasien  dengan segenap hati nurani,” ujarnya.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, drg Rosehan Adhani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa yang terpenting dari semua pelajaran yang didapat semasa di kampus adalah, pengamalan ilmu yang berdasarkan kesopan santunan. Menghadapi tiap keluhan masyarakat harus dengan moral yang halus. Menjaga nama baik almamater serta tetap menghargai tiap orang yang telah berkontribusi selama proses menuntut pendidikan Diploma III.
Direktur Akper Intan Martapura, Sirajudin Noor SKp MKes, dalam laporan pendahulunya telah menyampaikan bahwa wisuda kali ini, adalah bentuk pengukuhan dejur, yang implementasi sesungguhnya adalah bagaimana para alumni mampu mengabdikan diri dan  mengamalkan ilmu dengan menunjukkan PRESTASI terbaik, yaitu Produktif, Edukatif, Se-visi, Taqwa, Adaftif terhadap persaingan, Solider terhadap kemajemukan, dan Inovatif.
Acara sebelumnya telah didahului dengan pengalihan tali Toga, penyerahan Sertifikat, Pelantikan serta Pengambilan Sumpah Tugas Profesi oleh Senat Akademi kepada 80 orang Wisudawan dan Wisudawati Akper Intan Martapura.  Adapun alumni yang memperoleh Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Tertinggi dari Kelas Puskesmas Kabupaten Banjar adalah Yuli Astuti Anggreini dengan IPK 3,67 dan berhak berpredikat Cumlaude. Sedangkan dari Kelas Rumah Sakit Kotabaru adalah Ananda Puspita, dengan IPK 3,50. Metro7/usy