Humas Pertamina EP UBEP Tanjung, Akhmad Ruspandi ketika menyerahkan tong sampah secara simbolis.
TANJUNG — Sebagai bagian pemberdayaan dan peningkatan budaya bersih dan menjaga kelestarian lingkungan, PT Pertamina EP Unit Bisnis EP (UBEP) Tanjung memanfaatkan limbah drum bekas oli yang tidak terpakai menjadi tong sampah. Drum yang telah dibersihkan dan dimodifikasi bentuknya menjadi tong sampah ini dibagikan untuk masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina.

“Limbah drum oli ini kami manfaatkan menjadi tong sampah, karena dulu kontrak pembeliannya masih satu paket dengan drumnya. Sehingga setelah olinya digunakan user, drumnya menjadi limbah di gudang. Sayang, kalau tidak dimanfaatkan,” terang Bakhtiar Nofti Cahyono, Ahli Lindung Lingkungan dari fungsi HSE PT Pertamina EP UBEP Tanjung.
Jumlah tong sampah yang dibagikan ke warga mencapai 100 buah. Tong sampah berwarna hijau berlabel sampah organik sedangkan yang merah untuk sampah non organik. Pemberian label ini sekaligus menjadi sarana edukasi masyarakat untuk peduli kelestarian lingkungan, dengan memisahkan sampah organik dengan non organik.
Warga yang mendapatkan fasilitas penunjang kebersihan ini di antaranya warga di RT IV Desa Kapar, RT VII Kelurahan Assyuhada, RT VII Desa Tangki Hijau, dan RT. II Desa Bangun Sari Kecamatan Murung Pudak.
Dalam pelaksanaanya, pihak Pertamina diwakili oleh fungsi HSE, Humas, dan HRD. Pembagian tong sampah yang pelaksanaannya Sabtu (08/02) ini, dilakukan secara simbolis antara pihak Pertamina dengan Ketua RT di masing-masing Desa.
“Humas menyambut baik program pemanfaatan limbah drum oli ini menjadi tong sampah. Untuk itulah, kami bantu inisiasi HSE ini dengan koordinasi melalui Ketua RT di sepanjang Desa Bangun Sari hingga Kapar,” jelas Humas Pertamina EP UBEP Tanjung, Akhmad Ruspandi usai menyerahkan tong sampah secara simbolis kepada Ketua RT IV Desa Kapar. 
Masyarakat dengan senang hati menerima bantuan dari PT Pertamina EP UBEP Tanjung ini. Secara gotong royong, warga dibantu dKetua RT, ikut membagikan tong sampah tersebut di depan rumah mereka masing-masing.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina, bantuan ini tentu akan membantu warga dalam menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Fakhrurraji yang merupakan Ketua RT VII Kelurahan Assyuhada setelah menerima bantuan tong sampah untuk warganya.
Bertahun-tahun sebelumnya hingga sekarang, PT Pertamina juga telah membantu fasilitas air bersih secara cuma-cuma bagi warga di lingkungan sekitar areal kerja, serta aliran listrik gratis bagi sejumlah tempat ibadah. Metro7/humaspertamina