Kabar Nokia akan terjun ke pasar komputer tablet dan memperkenalkan tablet jagoannya pada pertengahan 2012 makin santer. Saat ini, sudah dimunculkan sejumlah desain dan foto yang diduga tablet Nokia berbasis Windows 8.
Infiormasi yang beredar, tablet tersebut memiliki kode nama Champagne. Sayangnya, selain sketsa tidak ada informasi lebih detail mengenai tablet tersebut.

Sebelumnya, CEO Nokia Stephen Elop menyatakan sinyal kuat bahwa Nokia bakal merilis tablet. Menurut dia, Nokia masih punya kesempatan bersaing di pasar itu.
Sempat beredar Nokia ragu meluncurkan produk tablet. Saat vendor lain tengah gencar berlomba-lomba menyaingi iPad, vendor sekelas Nokia belum punya persiapan.
Meski begitu, Nokia menaruh harapan besar pada sistem operasi Windows Phone. Vice President Nokia, Victor Saeijs mengatakan investasi Nokia pada Windows Phone harus sukses.
Saeijs mengaku, Nokia harus mampu mengembalikan sukses di Amerika Serikat. “Ini seperti memulai sesuatu dari awal, tetapi kami harus berhasil di AS, jika ingin meraih sukses di dunia,” katanya.
Sistem operasi Windows Phone saat ini sudah digunakan di smartphone seri Lumia yang menjadi andalan Nokia. Hingga Januari 2012, Nokia telah mengeluarkan dua seri Lumia, yakni Lumia 710 dan Lumia 800.
Saat ini, perusahaan yang berbasis di Finlandia itu sedang menyiapkan smartphone 4G LTE pertamanya, Lumia 900.
Penjualan Lumia di masa-masa awal terbilang baik. Dalam laporan awal Januari lalu, Nokia mengumumkan bahwa mereka berhasil menjual 1 juta unit Lumia.
Kendati demikian, prestasi ini belum bisa menyelamatkan Nokia dari kerugian 1 miliar euro dan belum bisa menjawab kekuatan Windows Phone untuk bersaing dengan Android dan iOS. (net)