BANDUNG — Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong,Drs H Erwan SH MAP beserta Staf, beberapa Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, 26 Januari 2012 lalu melakukan kunjungan ke Kampus Pribadi Bilingual Boarding School (BBS) Bandung, Provinsi Jawa Barat. Selain untuk melakukan studi banding, kunjungan ini juga dimaksudkan untuk bertemu dengan para siswa siswi asal Kalimantan Selatan yang bersekolah di tempat itu.

Brief History of Pribadi Bilingual Boarding School Bandung Selaras dengan pemikiran bahwa pendidikan merupakan kata kunci untuk menjawab permasalahan yang dihadapi, PASIAD (Association with Pacific Countries in Economical and Social Solidarity) Turki yang telah lebih dulu mengembara ke beberapa belahan dunia, mengukuhkan kembali tentang arti pentingnya pendidikan bagi generasi bangsa di dunia.
Dimulai tahun 1995, berdirilah sebuah sekolah menengah yang terletak di jalan Margonda Raya No 229 Depok dengan nama SMA Pribadi di bawah naungan Yayasan Yenbu Indonesia yang bermitra kerja dengan PASIAD Turki. Sejalan dengan beroperasinya SMA Pribadi, tumbuh pula kepercayaan masyarakat terhadap Yayasan Yenbu Indonesia sebagai penyelenggara pendidikan. Setelah empat tahun berjalan, tepatnya pada tahun 1999 dibukalah SMP Pribadi dan pada tahun 2002 dibuka lagi jenjang Sekolah Dasar di tempat yang sama.
Dengan visi untuk mewujudkan pribadi yang cerdas akal, mulia akhlak, dan tinggi nasionalisnya serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, Yayasan Yenbu Indonesia melebarkan sayap pendidikan ke daerah lain, yaitu kota Bandung. Pada bulan Pebruari 2002, dimulailah perjalanan pengabdian Yayasan Yenbu Indonesia dengan mendirikan Lembaga Pendidikan Pribadi Bilingual Boarding School dengan satuan pendidikan dari tingkat Play Group, SD, SMP dan SMA setahun kemudian.
Dengan mengambil lokasi strategis di pusat kota Bandung, tepatnya di Jalan Ranggamalela No 1A Dago, Bandung, Pribadi Bilingual School membangun kepercayaan masyarakat melalui motto “Setiap Siswa-siswi Kami adalah Satu-satunya Siswa-siswi Kami”. Pada tahun ajaran 2008-2009 tepatnya bulan Juni 2008, Lembaga Pendidikan Pribadi Advanced School berganti nama menjadi Lembaga Pendidikan Pribadi Bilingual Boarding School dan menempati lokasi baru di Jl PHH Mustafa Nomor 41 Bandung.
SD-SMP-SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung merupakan sekolah nasional berasrama yang menerapkan sistem pendidikan berkualitas dengan kurikulum Nasional Plus. BBS juga merupakan sekolah unggulan yang didirikan atas kerjasama Yayasan Al Firdaus Indonesia dengan Assosiasi PASIAD Turki yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Sistem pendidikan berbasis siswa, dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris khususnya untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, dan Bahasa Inggris. Dengan didukung fasilitas pendidikan modern dan canggih serta tenaga pengajar asing yang profesional dan siap mengantarkan putra-putri Indonesia dalam persaingan pendidikan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Metro7/usy