TAMIANG LAYANG – Sebanyak 211 orang pejabat baru dari Eselon II, III & IV di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) Kalimantan Tengah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Bartim Drs H Zain Alkim di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara, Kamis (26/01) pekan lalu.

“Pelantikan ini merupakan penyegaran organisasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur, agar birokrasi pemerintahan bisa berjalan lebih baik, sehingga pejabat yang dilantik masuk kategori, mampu menjalankan amanah negara dan rakyat, demi kemajuan pembangunan Bartim di masa mendatang,” kata Zain.
Pelantikan ujarnya, dilaksanakan untuk mengisi kekosongan jabatan yang disebabkan selain kepindahan pejabat lama,  juga karena adanya pejabat yang sudah memasuki masa purna tugas. Ini  menurut Zain merupakan hal reguler yang didasarkan pada evaluasi dan penilaian kinerja, baik program pembangunan daerah, maupun pelayanan publik, sehingga kinerja pemerintah bisa lebih optimal.
Zain meminta kepada para pejabat yang baru dilantik, untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepada mereka.
“Perlu diingat bahwa jabatan bukan hak, tetapi amanah yang harus dilaksanakan dengan baik, dengan dilatar belakangi penilaian kinerja,” ungkapnya.
Dijelaskannya juga, mutasi jabatan ke jabatan yang lain adalah suatu hal yang biasa, dan bukan dikarenakan oleh hukuman jabatan, melainkan suatu penyegaran untuk PNS yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Bartim, khususnya pejabat struktural Eselon II, III & IV.
“Dalam tugas yang baru, saya harapkan supaya dapat mengemban tugas dan tanggung jawab, sifat dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat serta bangsa dan negara pada umumnya, Provinsi Kalteng dan Bartim pada khususnya, untuk mencapai pembangunan menuju Gumi Jari Janang Kelalawah,” imbuh Zain.
Sementara itu, Sekretaris BKD Kabupaten Bartim Pat Budiman Anjab menambahkan, untuk pejabat Golongan Eselon II ada 6 orang yang dilantik, terdiri dari 4 orang jabatan promosi dan 2 orang rolling jabatan, sedangkan Golongan Eselon III ada 54 orang yang dilantik, terdiri dari Sekretaris serta Kepala Bidang dan Camat.
Camat Dusun Tengah sekarang dijabat oleh Rusdianoor, Kecamatan Dusun Timur dipimpin oleh Arief Sujai, Camat Pematang Karau dijabat oleh Dwi Aang, Camat Karuseng Janang dijabat oleh Andru Nganan dan Kecamatan Paju Epat dipercayakan kepada Hadi Suprapto.
“Golongan Eselon IV terdapat sebanyak 151 orang yang dilantik, terdiri dari Kepala Dinas PPKAD yang dijabat oleh Rusmiati SH MM, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dijabat oleh Ir Alvianson, Kepala BKD dijabat oleh Drs H Suwardi MAP, Kepala BBKPP dijabat oleh Dewi Murni dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang dijabat oleh Dr Teddy Taroreh,” pungkas Budiman Anjab Metro7/Ali