KANDANGAN — Seiring pelucuran program pemberian rumah bagi para PNS yang masih berstatus Golongan 1 dan 2, Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat, mulai melakukan pendataan.

Pendataan dimaksudkan untuk mendapatkan jumlah pasti PNS Golongan I dan II. Selanjutnya data tersebut akan diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU), sebagai sektor yang akan membangun perumahan.
Para PNS inilah yang nantinya berhak mendapatkan bantuan perumahan. Alasan dipilihnya para PNS yang berpangkat Gololongan I dan II, karena mereka masih banyak yang belum memiliki perumahan. Selain itu perekonomian para PNS tersebut juga dipandang masih kembang kempis dan perlu mendapatkan perhatian.
Sebagai langkah awal, dilakukan pemberian perumahan, sehingga memiliki tempat tinggal yang layak huni.
‘’Bantuan perumahan memang diperuntukkan bagi PNS Golongan I dan II. Sekarang ini mereka masih dalam pendataan,” ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Kabupaten HSS, Nurdiansyah SSos.
Menurutnya, data yang diinginkan masih dalam pengolahan pihak BKD Kabupaten, oleh sebab itu sulit untuk menentukan berapa jumlah PNS yang akan mendapatkan rumah. Ditambahkan Nurdiansyah bahwa pembangunan perumahan dipegang oleh Dinas PU.
Pihak Tapem sendiri hanya menyediakan lahan tempat pembangunan perumahan sekitar 2 hektar, yang terletak di Desa Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya.
Hasil pengukuran lahan yang dimiliki oleh pemerintah daerah tersebut, kurang dari 2 hektar. Sedangkan jumlah yang dibutuhkan untuk membangun perumahan harus lebih dari itu atau minimal 2 hektar.
Agar jumlahnya bisa melebihi, maka pemerintah akan berupaya membeli lahan yang ada pada masyarakat sekitar.
“Kita sudah lakukan pengukuran dan hasilnya kurang dari 2 hektar, tapi untuk mencukupinya kita akan membeli dari masyarakat setempat,” ujar Nurdiansyah .
Kendati sudah dipastikan luasan yang dimiliki kurang, namun usaha untuk melakukan pembelian juga masih belum dilakukan, karena sementara masih menunggu hasil pendataan pihak BKD. Metro7/fit