Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana (Kesbangpol) Hulu Sungai Tengah (HST), belum lama tadi menggelar sarasehan dan silaturrahmi dengan warga Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), di Aula Kantor Kecamatan setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Heri Pribadi, Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya, Kepala Kesbangpol dan PB HSt Ir Kemat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.
Kesempatan ini dimanfaatkan oleh warga untuk menyampaikan aspirasi dan harapan mereka. Salah satunya diungkapkan perwakilan warga Desa Sungai Buluh, Zailani. Ia menyampaikan harapan agar diberikan alat penangkap ikan Tempirai, agar warga tidak melakukan penyetruman ikan lagi.
Harapan tersebut ditanggapi positif oleh Kepala Kesbangpol HST Ir Kemat. Menurutnya, permintaan Zailani tersebut akan dibicarakan untuk ditindak lanjuti. Sebab, ujarnya, penyetruman ikan yang pernah dilakukan oleh warga Sungai Buluh, merupakan tindak pidana dan menyalahi aturan.
“Kita akan bicarakan dengan Pemkab HST terutama SKPD terkait, untuk menindak lanjuti permintaan warga itu. Yang jelas, dari program pemberdayaan masyarakat kawasan rawa, hal tersebut sudah mulai berjalan,” ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Heri Pribadi yang menjadi salah satu narasumber, mengingatkan bahwa kegiatan yang merusak lingkungan merupakan perbuatan manusia yang tidak beriman. Sebab, menangkap binatang dengan alat setrum bisa membunuh habitatnya juga.
“Perlu kesadaran dari masyarakat untuk mengetahui pentingnya pengetahuan tentang alam dan juga perlunya peningkatan keimanan kita, agar  tidak bersikap anarkis seperti kejadian yang telah lalu,” terangnya.
Senada dengan itu, Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya juga mengingatkan, agar jangan sampai terjadi konflik lahan di antara sesama warga.
“HST merupakan daerah religius. Untuk itu, jika ada permasalahan yang terjadi, alangkah baiknya diselesaikan secara baik-baik dengan pikiran yang jernih. Sehingga kita semua bisa hidup rukun tanpa harus terjadi konflik,” ingatnya. advhst