BATULICIN – Rombongan Kementrian Sekretaris Negara mengunjungi Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan untuk meninjau dan menindaklanjuti rencana pemindahan ibukota Republik Indonesia dari Jakarta ke “Bumi Bersujud”. Kepala Dinas Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Tanah Bumbu, Ardiansyah, di Batulicin, Rabu, mengatakan rombongan Sekertaris Negara (Setneg) akan tiba di Tanah Bumbu pada Rabu (12/7) sekitar pukul 16.00 Wita.
“Rombongan tersebut akan tiba terlebih dahulu di Bandara Syamsudin Noor lewat VIP Room Banjarbaru pukul 08.30-09.30 wita menuju kediaman Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor di Banjarmasin,” katanya.
Selanjutnya pukul 09.30-12.00 wita akan diadakan pertemuan tim Sekneg dengan Gubernur Kalimantan Selatan. 12.00-13.00 wita dilanjutkan makan siang.
Pukul 13.00-13.30 wita tim Sekneg cek in pesawat ke Kabupaten Kotabaru, Kemudian pukul 13.50-14.30 wita penerbangan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru menuju Bandara Syamsir Alam Kotabaru.
Pukul 14.30-15.30 wita mendarat di Kotabaru dilanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tanah Bumbu melalui jalur laut. Selanjutnya pukul 16.00 wita penyambutan tim sekneg oleh pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.
“Informasi yang kami terima nanti ada tiga pejabat tinggi dan beberapa staf yang datang ke Tanah Bumbu. Mereka akan melakukan peninjauan selama tiga hari di beberapa titik yang sudah di prioritaskan oleh tim sekneg,” katanya.
Sementara ini pemerintah daerah hanya menyiapkan penyambutan tim ke Kebapaten Tanbu karena sebagai salah satu calon ibu kota Negara RI bersama Kotabaru yang berada di Pulau Kalimantan.
“Informasi terakhir PalangkaRaya yang sempat menjadi calon Ibukota Negara gagal karena tidak memenuhi syarat. pasalnya daerah tersebut di dominasi dengan daerah gambut. Sedangkan untuk kabupaten Tanah Bumbu tanahnya terbilang keras sehingga dianggap layak,” paparnya. (metro7)