TANJUNG – Meski tidak dianggarkan di APBD 2017, Pemerintah Kabupaten Tabalong tetap memberikan pelayanan terhadap para jemaah calon haji (JCH)dengan menyiapkan 12 buah mobil bis gratis ke Asrama Haji di Banjarbaru.
“Sama seperti tahun sebelumnya, kita pada keberangkatan JCH tahun ini akan menyiapkan 12 buah bis untuk keberangkatan maupun saat pulang dari Tanah Suci nanti,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Tabalong, H Abu Bakar belum lama tadi.
Dikatakannya pelayanan angkutan bis untuk melayani para JCH tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan program CSR perusahaan dengan dana sekitar Rp 200 juta.
“Selain bis, anggaran Rp 200 juta tersebut juga digunakan untuk dua angkutan pengangkut barang para JCH Tabalong,” katanya lagi.
Selain memberikan pelayanan angkutan bis, diungkapkan bahwa Pemkab Tabalong juga memberangkatkan dua orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) untuk mendampingi para JCH yang berangkat tahun ini.
“Dua orang TPHD yang kita berangkatkan, yakni Nawari ustad dari Desa Suput dan Usman dari Desa Wayau,” ucap Abu Bakar.
Dengan adanya pelayanan angkutan bis dan TPHD maka diharapkan para JCH asal daerah Tabalong dapat terbantu dalam kelancaranpelaksanaan ibadah haji.
Adapun rencana keberangkatan JCH Tabalong yang berjumlah 317 orang akan diberangkatkan pada 21 Agustus 2017 tergabung dikloter 15. Dan jemaah lainnya sebanyak 37 orang masuk kloter 16 akan berangkat pada 22 Agustus 2017.