PARINGIN – Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS, IPA dan Matematika tingkat SMP Kabupaten Balangan mengelar Workshop karya tulis ilmiah Research and Development Education bagi para guru SMP sebalangan Balangan.
Workshop RnD education ini untuk pertama kalinya digelar ini, diikuti 102 peserta yang terdiri dari 34 guru IPS, 34 guru IPA dan 34 Guru matematika serta mendatangkan narasumber Dr. Asdar, M.Pd dari Universitas Negeri Makassar.
ketua MGMP IPS Febtika Reysne mengatakan, kegiatan workshop ini digelar selama 3 hari yaitu, mulai tanggal 5 sampai 7 Mei 2017.
Kegiatan ini, menurut Febtika, bertujuan agar para guru di Bumi Sanggam ini dapat menghasilkan produk tertentu yang mempunyai nilai tambah dan memberi keuntungan melalui langkah-langkah ilmiah (penelitian) yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji kehandalan serta keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi dimasyarakat luas.
“Penelitian pengembangan atau research and Development sering diartikan sebagai suatu proses atau langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yg telah ada,” bebernya.
Namun, lanjut guru berprestasi tingkat Provinsi Kalsel ini, yang dimaksud produk dalam konteks ini tidak selalu berbentuk hardware baik itu berupa buku, modul, alat bantu pembelajaran dikelas, media pembelajaran, alat peraga dan laboratorium tetapi bisa juga perangkat lunak (software) seperti program utk pengolahan data, pembelajaran dikelas, asassmen dalam pembelajaran,perpustakaan, atau laboratorium, atau model model pendidikan, pembelajaran pelatihan, bimbingan, evaluasi dan manajemen.
Sehingga diharapkan, lanjut Feptika, kegiatan ini bisa menjadikan guru mahir dalam membuat karya tulis ilmiah dan mampu mengembangkan diri sesuai perkembangan teknologi sehingga berimbas baik bagi murid maupun sekolah.
“Kita berharap lewat workshop ini, para guru mampu lebih aktif, kreatif, inovatif serta mampu berpikir kritis memecahkan permasalahan dalam pembelajaran maupun dalam dunia pendidikan secara luas,” ungkapnya.
Terakhir, Febtika mengungkapkan jika, kegiatan ini bermula saat dirinya bersama ketua MGMP IPA Khairunnisa, dan Ketua MGMP Matematika Meina Noriyana mengagas suatu kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Balangan dan guru secara khusus.
“Para peserta juga diberikan sertifikat tanda telah mengikuti workshop yang bisa digunakan untuk melengkapi persyaratan dalam kenaikan pangkat,” pungkasnya. (metro7/sa)