METRO7.CO.ID, Paringin- Status darurat obat Jin atau Zenith yang merupakan obat daftar G pantas disandang oleh Kabupaten Balangan. Pasalnya hampir tiap minggu ada saja pengedar barang haram ini tertangkap. Jika sehari sebelumnya Polsek Lampihong menangkap pengedar obat Jin tersebut, hari ini Kamis (21/9/2017) giliran Polsek Juai mengungkap kasus yang sama.
Pengedar obat Jin yang ditangkap jajaran Polsek Juai tersebut, ialah seorang pemuda bernama Abdul Hadi alias Wadut (20 tahun) warga Desa Gulinggang RT 2 kecamatan Juai.
Menurut Kapolsek Juai Ipda Naf’an, penangkapan terhadap Wadut ini, bermula saat salah satu anggota Polsek Juai menyamar jadi pembeli obat Zinet sebanyak 10 biji dengan harga Rp50.000’- kepada pelaku sekitr jam 11.30 di pinggir jalan raya di Desa Marias Kecamatan Juai.
Setelah melakukan transaksi tersebut, kata Naf’an, anggota langsung memberitahukan kepada anggota lainnya untuk segara mengamankan terlapor. Sedangkan terlapor, setelah menjual obat Jin tersebut langsung berangkat menuju arah kota Paringin.
“Belum sempat bertemu petugas yang mengejarnya, ternyata terlapor sudah jatuh saat berkendaraan di Desa Marias Kecamatan Juai karena dalam kondisi mabul Zineth. Petugas yang mendapatinya kemudian melakukan penggeledahan dan ditemukan obat Zenith sebanyak 90 butir dalam satu bungkus plastik yang tersimpan di bagasi,” bebernya.
Selain 90 butir Zineth, lanjut dia, pihaknya juga menyita uang sebanyak Rp.69.000,- dari kantong celana yanh di duga hasil penjualan obat zenith.
Selanjutnya, kata Naf’an, kina tersangka dan barang bukti diamankan di Polsek Juai guna proses lebih lanjut.
“Pelaku sendiri terencam dikenakan undang-undang sediaan Farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki ijin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 197 UU RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan ancaman hukamannya, dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah,” pungkasnya. (Metro7/sugi)

Baca Juga : Parah Kantor Desa Jadi Transaksi Zenith