METRO7.CO.ID Amuntai – Siapa yang tidak tau dengan keberadaan kompleks wisata budaya situs Candi Agung berada di Kelurahan Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Candi ini diperkirakan peninggalan kerajaan Negara Dipa yang keberadaannya se jaman dengan kerajaan Majapahit.
Namun ada yang berbeda, di dalam lingkungan situs tersebut, ada beberapa pengujung dari berbagai wilayah Banjarmasin, Kalimantan Tengah yang datang berziarah ke situs Candi Agung tersebut, lantaran kolam Mahligai Putri Junjung Buih berubah. “Biasa saya kalau datang langsung mengambil air dan cuci muka maupun mandi di tempat tersebut, tapi ini airnya kering,” ujar Vila salah satu pengujung dari Kabupaten Tanah Bumbu kepada Wartawan, Sabtu (21/10/17).
Kebanyakan yang datang kesini, ujarnya, adalah orang yang menunaikan nazar dan sisanya hanya sekedar ingin melihat lihat. “Semua itu, tergantung kepercayaan masing-masing. Ada ujarnya orang sakit, tidak sembuh, dibawa mandi di Mahligai Putri Junjung Buih, langsung sembuh (kaya mencabut kasusuban),” tuturnya.
Ia bingung, bagaimana mau mengambil air di Mahligai Putri Junjung Buih karena kering dan bangunannya pun berubah.
“Kami berharap kepada pemerintah daerah, agar bisa memperhatikan keberadaan situs ini, karena pengujung yang berzirah kesini cukup banyak,” harrapnya. (Metro7/Yusuf)