PARINGIN –  Porkab II 2015 Kab. Balangan Provinsi Kalimantan selatan resmi dibuka Oleh Pj. Bupati H.M. Hawari, Rabu 28/10/2015.
Pembukan acara Pekan Olahraga Kabupaten Balangan  II 2015 bertempat di Lapangan Marta Sura, yang berada tepat di jantung kota Balangan  dihadiri oleh para Muspida dan tokoh-tokoh Kabupaten Balangan (14.00).
Porkab II Balangan yang bertemakan Bersatu Kita Bangkit, Bersama kita bisa diikuti oleh semua kecamatan yang ada di kabupaten Balangan. Ada 14 cabor yang dilombakan dalam kegiatan Porkab II Balangan ini, di antaranya atletik, basket, tenis meja, bulutangkis, voly, bilyard, tenis lapangan, pencak silat, sepak bola, catur, karate, taekwondo, sepak takraw dan binaraga.
Dalam sambutannya Penjabat Bupati Balangan H.M. Hawari mengatakan, pemerintah daerah akan mendukung penuh kegiatan serupa. Baik itu itu dari segi sarana mau prasaranya.
“Pemerintah daerah bangga dengan para atletnya, karena mampu berlaga di kanca provinsi maupun nasional. Semoga dengan adanya Porkab II ini dapat menimbulkan Atlet-atlet baru yang berbakat dan berprestasi di Provinsi dan Nasional”, jelasnya.
Ketua Koni Kab. Balangan Marhat menyatakan, para pengurus Koni dan para atlet kab. Balangan mendapat angin segar, karena dalam sambutan PJ. Bupati Balangan pada pembukaan Porkab tadi mengatakan, bahwa gelanggang olahraga yang selama ini pembangunannya terkatung-katung yang tak kunjung selesai. Akan diselesaikan di tahun 2016 ini. Tentunya hal ini akan menjadi sesuatu hal yang spesial bagi para atlet, karena dapat menyalurkan bakatnya di wahana yang telah disediakan oleh Pemerintah.
H.Sarmidi Seketaris Umum Koni Prov. Kalimantan Selatan yang hadir pada acara pembukaan Porkab ini mengatakan, pihaknya  bangga dengan Kab. Balangan. Karena mampu mengadakan kegiatan Porkab II ini. Karena dari beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan ini, hanya Kabupaten Balangan saja yang mengadakan Porkab.
“Kami sangat mengafresiasi Kab. Balangan, Semoga atlet-atlet balangan bisa berfrestasi ke nasional, bahkan kalau perlu sampai ke tingkat internasional. Kami dari pihak Koni Provinsi akan terus memantau kegiatan ini, untuk mencari atlet-atlet yang berpotensi dan berfrestasi. Yang mana nantinya, atlet kita yang berfrestasi akan di ikut sertakan dalam Platnas”, paparnya.
Acara Pembukan Porkab II Balangan 2015 di ikuti oleh ribuan pelajar dari perwakilan tiap-tiap kecamatan sekabupaten Balangan. Acara yang dibuka pada hari Rabu tanggal 28 oktober 2015 tadi akan berlangsung selama 18 hari kedepan, yang berakhir pada hari Minggu 15 November 2015. (metro 7/wnd)