TANJUNG – Sebanyak 100 orang peserta yang berasal dari SKPD kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Utara dan Balangan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah di Gedung Pusat Informasi Tanjung pada Selasa (20/10) tadi, Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani membuka secara resmi kegiatan Bintek tersebut.
Kepala Bappeda kabupaten Tabalong H.Erwan selaku panitia penyelenggara kegiatan pelatihan melaporkan kegiatan pelatihan Bintek ini dimaksudkan untuk membuka wawasan kepada seluruh SKPD, baik kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Utara maupun kabupaten Balangan dalam menyusun dokumen perencanaanya.
Tujuan utama dari Bintek adalah memberikan pemahaman tentang : 1. Situasi internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kebijakan perencanaan. 2. Koridor-koridor kebijakan dalam pengambilan keputusan di SKPD. 3. Pentingnya keterkaitan dan konsistensi dokumen-dokumen yang baik. 4.Resiko dan konsekuensi kegagalan perencanaan. 5.Memahami managemen resiko dalam menyusun perencanaan.
H.Erwan menegaskan hampir setiap tahun daerah dihadapkan pada berbagai permasalahan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan-pembangunan, kendala perbedaan persepsi dalam menterjemahkan visi dan misi kepala daerah kedalam tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD berimbas kepada ketepatan waktu, sehingga banyak sedikitnya menjadi tidak efesien, kegiatan Bintek terselenggara atas kerjasama dari Pemkab Tabalong dengan Propinsi Kalsel dan dibiayai dana APBD kabupaten Tabalong dan APBD Propinsi Kalsel tahun anggaran 2015.
Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani dalam sambutannya atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pelatihan bintek penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah, Bupati berharap agar semua peserta mengikuti pelatihan secara serius dan jangan dijadikan kegiatan pelatihan rutin biasa saja, namun harus membuat sejarah apapun yang dilaksanakan di kabupaten Tabalong ini adalah hasil perencanaan yang baik.
Pada kegiatan pelatihan bintek tersebut hadir sebagai narasumber dari tim Bappenas dan tim Kemendagri diantaranya Dyah Sih Irawati Kasi Wilayah III A, M.S.Riza Dirjen Bangda.
Peserta bintek dari kabupaten Tabalong sendiri juga melibatkan para camat lurah dan kepala desa. (metro7/via)