Perpusda Balangan Terus Tingkatkan Pelayanan

0
90

METRO7.CO.ID, Paringin – Untuk meningkatkan minat baca masyarakat Balangan secara menyeluruh, Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) terus meningkatkan pelayanannya dan juga melakukan berbagai terobosan baik itu, melakukan pembangunan perpustakaan tingkat kecamatan hingga rencana penyedian buku secara digital pun ditempuh.

Khusus untuk perpustaakaan daerah, selain menyediakan koleksi buku yang banyak pelayanan peminjaman pun dilakukan secara digital dan online serta tanpa biaya atau gratis, bahkan bagi para pengunjuk juga disediakan akses internet gratis saat berada di perpustakaan.

Menurut salah satu staf penjaga Perpusda Balangan Maulida, jumlah pengunjung Perpusda tiap bulannya mencapai ratusan dan didominasi oleh kalangan para pelajar dan mahasiswa.

“Untuk bulan Januari 869 orang dan Februari sebanyak 711 orang. Bukan hanya jumlah pengunjung yang lumayan banyak, anggota perpustakaan pun terus bertambah, bulan lalu saja ada 49 anggota baru,’’ ujar Maulida, Rabu (14/3) kemarin.

Untuk jam pelayanan sendiri, lanjut dia, mulai hari Senin sampai Kamis dimulai dari jam 08.00 hingga jam 16.00 dan Jumat dari jam 08.00 hingga jam 10.00.

“Saat ini ada sekitar 1.150 buah buku yang dipinjam masyarakat. Sedangkan koleksi buku kita ada sekitar30.352 buah buka dengan jumlah judul sebanyak 11.004macam,’’ ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpusda Syarif Ubaidilah mengungkapkan, jika jumlah koleksi buku dengan kebutuhan para pembaca sangat berkaitan erat, dimana orang akan malas datang keperpustakaan jika bukusebagai bahan referensi yang dibutuhkannya tidak tersedia,” jelasnya.
Untuk itu, pihaknya kata Ubai, akan berusaha terus menambah jumlah koleksi buka dan juga minat baca masyarakat.
Dengan bertambahnya koleksi buku dan minat baca maka secara otomatis jumlah pengunjung perpustakaan juga akan meningkat.
“Waktunya gemar membaca harus dijadikan sebagai kebiasaan dan kebutuhan. Dengan demikian akan muncul kecintaan terhadap buku. Saya juga berharap perpustakaan menjadi pusat dan kunci belajar,” harapnya.
(Metro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here