METRO7.CO.ID, Amuntai – Tingginya itensitas hujan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sejak Jum’at 23 Maret 2018 lalu, membuat beberapa Desa di Kecamatan HSU tergenang banjir, salah satunya di Desa Sungai Pandan RT 01 Kecamatan Sungai Pandan HSU terutama di Pasar Alabio.

Salah satu pedagang Pasar Alabio, Sain (50) mengaku, air sudah sejak tiga hari lalu air menggenang pasar dan akibatnya berdampak pada penjualan, dikarenakan pembeli agak sedikit malas Kepasar.

“Airnya cukup tinggi sekitar 20 cm, kemungkinan itu alasan pembeli malas” ujarnya Sain kepada wartawan, Senin (26/3/2018).

Meskipun tahun ini air agak lebih surut dari tahun sebelumnya, namun pasar Alabio menjadi langganan banjir setiap tahunnya di karenakan luapan Sungai Kali Nagara.

“Pasar Alabio ini menjadi langganan banjir tiap tahunnya, karena dataran pasar bisa dibilang lebih rendah dibanding tempat yang lain disekitarnya,” tegasnya.

Sementara salah satu masyarakat setempat Ali, berharap kepada pemerintah agar jalan utama di Pasar Alabio bisa ditinggikan agar tidak tergenang banjir.

“Minimal jalan utama lah yang ditinggikan agar pembeli dan penjual khususnya kami masyarakat bisa beraktivitas leluasa,” harapnya.

Sekedar diketahui, banjir pasar Alabio ini akibat meluapnya Sungai Nagara yang merupakan pertemuan dari Dua Sungai yaitu, Sungai Balangan dan Sungai Tabalong.(Metro7/Mnr)