METRO7.CO.ID, Paringin – PT Anzarwara Satria turut serta mendukung pelestarian budaya dayak meratus dengan turut berpartisipasi dalam pelaksanaan pesona dayak meratus yang digelar oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan.
Dukungan perusahaan batubara yang beroperasi di Kabupaten Tanah Bumbu ini, ialah berupa bantuan dana dari program CSRnya untuk kesuksesan acara gelaran tahunan yang menampilkan kehidupan budaya orang dayak maratus yang digelar selama tiga hari yakni, pada tanggal 28, 29 dan 30 Maret.
Direktur PT Anzarwara Satria Danni Artono mengungkapkan, meski bantuan yang diberikan tak seberapa nilainya, namun ini menjadi bukti nyata pihaknya dalam mendukung kelestarian budaya Banua khususnya budaya dayak meratus.
Kelestarian budaya ini, menurut Danni sangat penting, karena selain menjadi identitas diri juga merupakan bagian dari kekayaan dan budaya tradisi yang beragam di Indonesia.
“Melestarikan kebudayaan ini adalah kewajiban dan tugas kita bersama,” tegasnya.
Terpisah, Ketua DAD Balangan Mandan mengungkapkan, jika pelaksanaan pesona dayak meratus ini merupakan rangkuman kehidupan komunitas dayak meratus sehari-hari yang digambarkan lewat berbagai atraksi kesenian seperti menumbuk padi, membuat anyaman (arangan), menyumpit dan permainan tradisional seperti bagasing, mutuu, balugu, kenje dan tari kreasi dayak meratus.
“Lewat gelaran festival ini bisa benar-benar menjadi diskripsi pas tentang kebudayaan dayak meratus di Kalsel,’’ tungkasnya.
Sekedar diketahui, gelaran pesona dayak meratus 2018 yang digelar DAD Balangan ini merupakan gelaran yang ke empat kalinya dan kegiatan ini terlaksana oleh dukungan PT Adaro Indonesia, Pemkab Balangan, Pemprov Kalsel dan berbagai pihak lainnya. (Metro7)