METRO7.CO.ID, Paringin – Wakil Bupati Balangan H Syaifullah secara langsung membuka dan hadiri acara Pencanangan Tanam Jagung Hebrida dalam rangka peningkatan produksi tanaman pangan musim tanam april-september 2018, di Desa Mampari kecamatan Batumandi, Kamis (5/4/218).

Turut berhadir dalam acara tersebut, Kasdim 1001 Amuntai Balangan Mayor Czi. M Salim SH, Kapolsek Batumandi Iptu H Siswanto, Kepala Dinas Pertanian Setempat, Ir Tuhalus, Kepala SKPD lingkup Pemkab Balangan, Camat Batumandi AswalSalahuddin, jajaran Kepala BP3K dan PPL setempat dan para kelompok tani.

Wabup Balangan H Syaifullah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan juga pembangunan pertanian.

Terlebih menurut Syaifullah, sebagai wilayah yang potensi pertaniannya sangat menjanjikan, tentu Balangan harus terus memanfaatkan guna mencapai kesejahteraan bagi masyarakatnya.

“Kita daerah terus mendukung pertanian khususnya untuk potensi tanaman pangan yang merupakan program dari pemerintah pusat sehingga semua program yang sudah ditetapkan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Saya program tanam jagung hibrida ini dapat lebih meningkatkan produksi sehingga ekonomi petani juga semakin meningkat,” harapnya.

Sedangkan Kepala Dinas pertanian Kabupaten Balangan, alam sambutannya menyampaikan bahwa dalam kegiatan tanam jagung ini merupakan program dari pemerintah pusat dan masing-masing daerah diberikan target tanam.
“Untuk target kita di Balangan seluas 15.000 Hektare, dengan masa program tanam periode April sampai dengan September,” jelasnya.

Sedangkan untuk target padi, katanya, untuk wilayah Balangan sudah mencapai 100% sampai dengan bulan April ini.

“Sempat terdapat kekurangan sekitar 7000 hektare, akan tetapi masih bisa ditutup dari Kecamatan Tebing Tinggi, Awayan dan Halong dengan jenis padinya yaitu gogo dengan cara tanam di tugal,” Imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Jr.Smit Simatupang mengatakan bahwa kabupaten Balangan untuk program pajale khususnya padi sudah mencapai target yang maksimal karena dikab. Balangan adalah lahan yang cukup memadai untuk di pacu dalam tanaman pangan.
“Secara garis besar untuk kegiatan upsus pajale di Balangan sudah menyumbangkan kontribusi yang maksimal untuk program swasembada pangan provinsi Kalimantan Selatan,” terangnya.

Diakhir acara dilaksanakan penyerahan bantuan bibit jagung untuk masa tanam April – September 2018 yang dibagi ditiga kecamatan yaitu Kecamatan Tebing tinggi sebanyak 838 hektar, Juai sebanyak 7602 hektar, dan Halong halong sebanyak 6597 hektar. (Metro7)