Desa Membangun Negeri
Jumat, 3 Okt 2014 02:05 WIB

15 SDN Marabahan Ikuti Latihan Dokter

Reporter :  Koran Metro7
MARABAHAN – Puskesmas (PKM) Marabahan melaksanakan kegiatan Pelatihan Dokter Cilik (Docil). Kegiatan yang juga dibantu oleh Dokter Internship berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung itu, diikuti oleh tiga puluh orang siswa sekolah dasar yang ada di lima belas sekolah di Marabahan.
 Menurut Kepala Puskesmas Marabahan, Endro Pramono SKM MPH, kegiatan pelatihan tersebut adalah kegiatan tahunan yang Merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Puskesmas Marabahan.
 “Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut, jelas Endro, agar para siswa tingkat sekolah dasar di Kota Marabahan bisa menjalankan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), agar para siswa yang mengikuti kegiatan ini bisa menjadi tauladan bagi teman-temannya di sekolah, sehingga program UKS di sekolah dapat berjalan,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan dalam acara Pembukaan Pelatihan Dokter Kecil, di Aula RSUD Abdul Azis Marabahan, belum tadi.
Untuk diketahui, dokter internship adalah para mahasiswa Fakultas Kedokteram Universitas Islam Bandung  yang ditugaskan untuk praktek magang di Puskesmas Marabahan, sebelum diberikan haknya untuk melaksanakan prakter dokter.
Sementara itu, Kasubbag Pemberitaan dan Media Massa Setda Kabupaten Batola Hery Sasmita mengharapkan, ke depannya jumlah peserta kegiatan tersebut bisa lebih banyak. “Sehingga para siswa tingkat sekolah dasar di Kabupaten Batola khususnya di Kota Marabahan bisa mengenal perilaku hidup sehat sejak dini,” harapnya.
Ada pun materi yang diberikan para dokter Internship dalam kegiatan tersebut adalah, pengenalan dan pengertian tentang apa itu dokter kecil dan UKS, kemudian UKGS dan Kesehatan Gigi, P3K, pengenalan obat-obatan dan CTPS.
Dari pantauan Metro7, kegiatan tersebut sangat antusias diikuti oleh para siswa. Selain teknik memberi materi yang dilakukan para dokter  Internship sangat cocok dengan jiwa anak sekolah, beragam door proze juga disediakan bagi siswa yang berhasil dalam menjawab pertanyaan yang lontarkan.(Metro7/humpro-batola) 

CLOSE