Desa Membangun Negeri
Rabu, 13 Jan 2021 19:21 WIB

17 Pelaku UMKM Kota Singkawang Teriman Sertifikat Halal

Reporter :  Hamdani - Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

SINGKAWANG, metro7.co.id – Sebanyak 17 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Singkawang meneriman sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Provinsi Kalbar, Selasa 12 Januari 2021 di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Kota Singkawang.

“Sertifikat halal ini merupakan kerjasama Disperindagkop Singkawang dengan Disperindag Provinsi Kalbar. Dan merupakan sejarah baru, karena sangat sulit untuk mendapatkan sertifikasi halal ini,” kata Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin ketika menyerahkan Sertifikat Halal kepada pelaku usaha.

Muslimin mengatakan, kegiatan ini merupakan fasilitasi Disperindag Provinsi Kalbar, dimana dari 14 kabupaten/kota, hanya Singkawang dan Kapuas Hulu yang terpilih untuk mendapatkan sertifikasi ini.

“Untuk anggarannya dibebankan kepada Dinas Perindag Provinsi Kalbar. Sehingga pelaku UMKM sama sekali tidak mengeluarkan biaya sepersen pun, meski untuk pembuatan sertifikat halal ini perlu biaya, waktu dan sebagainya,” ujarnya.

Sebenarnya, kata Muslimin, ada 25 pelaku UMKM Singkawang diusulkan untuk mendapatkan sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Namun hanya 19 pelaku UMKM menurut LPPOM MUI yang memenuhi persyaratan awal.

Halaman: 1 2 3

CLOSE
meritroyalbet güncel giriş -

holiganbet yeni adresi

-
betgaranti yeni adresi