Desa Membangun Negeri
Jumat, 9 Apr 2021 01:20 WIB

41 Sekdes dan Seklur Tabalong Ikuti Bimtek Tertib Arsip

Reporter :  Hivianor - Tabalong Kalimantan Selatan
Editor :  M Khairil Ismitullah

 

TANJUNG, metro7.co.id – Sebanyak 41 orang Sekretaris Desa (Sekdes) dan Sekretaris Kelurahan (Seklur) di tiga Kecamatan Wilayah Selatan Kabupaten Tabalong mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tertib arsip yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, Rabu kemaren.

Bimtek dilaksanakan selama dua hari dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, Rahma Norita mengatakan, tujuan dilaksanakannya bimtek adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengelola arsip pada aparat desa/kelurahan untuk menambah wawasan dalam hal tata kelola kearsipan.

Peserta bimtek 15 desa dari dari Kecamatan Banua Lawas, 11 desa dan 1 kelurahan dari kecamatan Kelua, 7 desa dari dari Kecamatan Muara Harus, 7 desa dari Kecamatan Pugaan.

Kegiatan bimtek meliputi metode dan proses bimtek kearsipan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa yang menekankan pentingnya pelibatan dan partisipasi aktif peserta dalam pelatihan.

Bimtek tentang tata kelola kearsipan ini dimulai dari penciptaan arsip sebagian besar SKPD dalam hal penciptaan arsip. Ada beberapa poin dalam hal segi penciptaan dan penyimpanan arsip, khusus untuk penyimpan arsip biasanya arsip disimpan dalam map ordinir atau map yang berlobang yang biasa digunakan untuk SPJ, namun karena map yang digunakan map ordinir berarti harus melobangi arsip.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas