Desa Membangun Negeri

67 Sapi Kurban Bartim Dinyatakan Sehat, Siap Didistribusikan ke Masyarakat

Reporter : Budi Irawan - Kab.Barito Timur Kalimantan Tengah - Dibaca : 66 kali

 

TAMIANG LAYANG, metro7.co.id  – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur sudah melakukan pemeriksaan 63 ekor sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada hari raya idul adha 1441 H.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi, pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memastikan 67 ekor sapi kurban milik pemerintah daerah Kabupaten Barito Timur sehat dan layak potong Dinas

“Dari Distanakan mulai kemaren sudah melakukan Antemortem atau pemeriksaan terhadap semua hewan korban tersebut,” ucapnya, Rabu 29 Juli 2020.

Baca Juga :
Datangi Kantor Desa, Para Pemuda ini Tanyakan Transparansi Penyerapan Tenaga Kerja Lokal PT CL

Riza menjelaskan, hewan tersebut milik Pemkab Bartim, sebanyak 67 ekor sapi kurban akan dibagikan untuk Hari Raya Idul Adha tahun 2020/1441 Hijriah.

“Saat ini ada 67 ekor sapi kurban yang sudah disiapkan, sekarang sudah ada di desa Sumber Rejo kecamatan Pematang Karau. Saya selaku kepala dinas mengingatkan kepada petugas kita, agar hewan yang dikurbankan nantinya jantan dan dalam kondisi sehat,” ucapnya.

Baca Juga :
Waspada!! Kasus Positif Covid- 19 Barito Selatan kembali Bertambah

Ditambahkanya, kalau yang betina direkomendasikan yang sudah tidak produktif lagi. Semua sapi yang akan dikurbankan Pemkab Bartim tersebut berjenis kelamin jantan.

Sementara itu, Kasi Penyebaran Ternak dan Pengembangan Distanakan Rebo S.Pt, sesuai prosedur, kemaren bersama dengan dokter hewan dan sekretaris, serta Kabid memeriksa ke desa Sumber Rejo, untuk melakukan pemerikasaan awal.

“Pemeriksaan Antemortem yakni pemeriksaan luar atau fisik, semua hewan yang diperiksa kemaren semuanya sehat,” imbuhnya. ***

Share :