MALAKA, metro7.co.id – Uskup Ignatius Kardinal Suharyo hardjoatmodjo bersama jajaran uskup dan para imam sedaratan timor dan flores propinsi nusa tenggara timur serta rombongan perkumpulan himpunan berbakti teguh dan para donatur pembagunan gereja santo andreas bolan, meresmikan gereja Santo Andreas paroki santo Fransiskus bolan, dekenat Malaka keuskupan atambua jumat, 3 / 12 / 2021.

kedatangan kardinal ignatius bersama rombongan di sambut baik oleh pemerintah daerah kabupaten malaka dan umat sedekenat malaka sejak tiba di ibu kota kabupaten Malaka pada pukul 13.00 waktu indonesia tengah tepatnya di biara susteran SSPS betun dan melanjutkan perjalanan ke gereja Santo Andreas paroki santo Fransiskus Bolan seusai makan siang bersama pemda malaka di pendopo susteran SSPS betun.

tepat pukul 15.00 waktu indonesia tengah kardinal Ignatio bersama rombongan di arahkan  menuju geraja santo andreas bolan untuk meresmikan paroki Santo Fransiskus Bolan.

pada titik pertama penyambutan kardinal bersama rombongan, di lakukan tradisi penyambutan dengan budaya hase hawaka atau sekapur sirih sekaligus menamatkan cenderamata berupa selendang kepada kardinal Ignatio dan uskup atambua serta rombongan himpunan berbakti teguh jakarta dan bupati belu.

pada titik yang keduapun demikian, kardinal bersama para uskup dan rombongan donatur pembangun gereja serta para bupati dan wakil bupati baik bupati Timor tengah utara, Belu maupun bupati malaka di sambut  secara adat budaya malaka yakni hase hawaka atau sekapur sirih dan pengalungan selendang sebagai tanda mata .

tiba di pintu masuk gereja, kardinal ignatius bersama rombongan dan para uskup dan imam, baik pastor maupun suster di sambut meriah dan di arahkan keliling kompleks gereja santo andreas paroki Santo Fransiskus Bolan, dengan tarian khas daerah kabupaten malaka yakni likurai dan bidu yang di iring dengan alat musik tradisional malaka.

kardinal bersama para uskup dan para imam konselebran, di arahkan menuju ruang ganti dengan penjagaan yang ketat yang di lakukan oleh THS-TMH dan organisasi pencaksilat kera sakit dan persatuan setia hati trate ( PSHT ) yang membentuk pagar betis pada dua sisi kiri kanan kardinal bersama uskup dan para imam.

setelah melakukan pergantian di ruang ganti dengan menggunakan jubah, kardinal bersama para uskup dan para imam konselebran di arahkan menuju pintu utama gereja santo andreas paroki Santo Fransiskus Bolan untuk melakukan doa pemberkatan sekaligus meresmikan geraja santo andreas, dengan melakukan penguntingan pitah yang di saksikan oleh uskup atambua, uskup agung kupang serta uskup emeritus manggarai dan para imam, suster, pemda malaka serta umat paroki santo Fransiskus Bolan.

usai meresmikan gedung gereja, kardinal bersama para uskup dan para imam konselebran melanjutkan misa perayaan ekaristi pemberkatan dan peresmian geraja santo andreas paroki Santo Fransiskus Bolan.

hadir dalam perayaan misa pemberkataan sekaligus peresmian gedung gereja santo andreas paroki Santo Fransiskus Bolan yakni, perwakilan dari pemerintah propinsi nusa tenggara timur, perwakilan dari pemerintah kabupaten Timor tengah selatan, pemerintah kabupaten Timor tengah utara, pemerintah kabupaten Belu dan pemerintah kabupaten Malaka, serta para ketua dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten malaka dan kabupaten Timor tengah utara.****