Home / Desa Membangun Negeri / Bekasi / Jawa Barat

Kamis, 9 Juli 2020 - 10:56 WIB

Ada Kampung Madu dan Curug Gumawang di Desa Banjaranya, jadi Potensi Wisata Kecamatan Banjaranyar Ciamis

Reporter : Tegar Fauzi Andreans - Kab.Ciamis, Jawa Barat - Dibaca : 76 kali

CIAMIS, metro7.co.id – Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis merupakan pemekaran dari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Banjaranyar sendiri saat ini baru menginjak usia 4 tahun.

Sebagai Kecamatan Banjaranyar terbontot di Kabupaten Ciamis, tentunya masih banyak yang harus dibenahi, baik dari segi infrastukturnya maupun dari segi lainnya.

Untuk itu, Pemerintah beserta warganya terus bekerja keras untuk berbenah. Agar tidak kalah dari Kecamatan-kecamatan lainnya.

Seperti halnya warga Desa/Kecamatan Banjaranyar saat ini tengah mengembangkan dan membenahi serta mempercantik potensi alam yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata.

Diketahui di Desa Banjaranyar terdapat Kampung Madu. Kampung Madu merupakan pekampungan penghasil madu. Di Kampung tersebut hampir seluruh warganya peternak lebah madu.

Selain itu, di Kampung Madu terdapat curug yang berpotensi dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alam. Curug itu bernama curug Gumawang.

Berdasarkan informasi yang didapat, saat ini curug Gumawang dikelola oleh warga setempat bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Bina Lestari.

Tokoh pemuda setempat Heri Kuswanto mengatakan, curug Gumawang saat ini dikelola oleh warga setempat bersama KTH Bina Lestari.

“Benar, saat ini curug Gumawang untuk sementara dikelola oleh warga setempat bersama KTH Bina Lestari,” kata Kuswanto Rabu (8/7/2020).

Dia menuturkan, warga setempat bersama KTH Bina Lestari secara swadaya tengah membenahi dan mempercantik fasilitas Curug atau air terjun terbut. Tujuannya agar pengunjung merasa nyaman ketika berada di lokasi.

Curug Gumawang sendiri mempunyai ketinggian kurang lebih 35 meter dengan keindahan alam yang mempesona.

“Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat menggunakan roda dua maupun roda empat. Jaraknya sekitar 5 KM lebih dari pusat kecamatan Banjaranyar,” tuturnya.

Ia berharap, Pemerintah Desa atau Pemda Ciamis dapat mendukung serta mendorong potensial alam ini. Sehingga potensi alam tersebut menjadi salah satu tempat tujuan pariwisata di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan saja ke depan ada bantuan dana untuk membangun serta mempercantik curug Gumawang ini,” harapnya.

Kuswanto menambahkan, di tempat ini selain terdapat Curug Gumawang, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Curug Tengah dan Sumur Bandung.

“Setelah puas menikmati Curug, pengunjung juga dapat menikmati suasana indahnya Kampung Madu. Jangan lupa, oleh-oleh khas Kampung Madu Kecamatan Banjaranyar yaitu madu asli,” pungkas Kuswanto.***

Share :