oleh

ADD Berkurang, Supardi Minta Naikan

TAMIANG LAYANG – Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur tahun 2019 mengalami penurunan.

Hal itu diungkapn oleh Supardi selau Kepala Desa setempat saat dibincangi wartawan dikediamanya, Kamis, 6 Juni 2019.

“Iya benar sekali ADD Desa Sumber Garunggung tahun 2019 ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2018 lalu,” ucapnya.

Menurutnya, dengan menurunya ADD didesanya tentu berdampak pada pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi lanjut kades, Desa Sumber Garunggung memiliki luas wilayah yang cukup luas, dan penduduknya juga padat tentu Desanya perlu mendapatkan perhatian khusus dari Pemda Bartim untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ditempatnya.

“Tahun 2018 kemarin ADD saya nilai masih kurang, kenapa tahun 2019 ini ADD malah lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Padahal Desa kami perlu dana yang cukup besar untuk melaksanakan berbagai program seperti pemberdayaan dan pembinaan guna mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Apalagi menurutnya, Desa Sumber Garunggung ada 2 RT yang perlu ditingkatkan pembangunanya, baik itu sarana infrastruktur maupun bidang lainya, tentu butuh dana segar untuk mensejajarkan 2 RT tersebut dengan RT lainya di Desa Sumber Garunggung.

“Desa kami terdapat 6 RT, namun ada 2 RT yang perlu kita tingkatkan lagi pembangunanya agar bisa sejajar dengan 4 RT lainya,” paparnya.

Dirinya menilai, untuk mewujudkan semua itu tentu perlu dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah. Karena menurutnya, kalau hanya menggunakan dana ADD yang terbatas bahkan kurang seperti tahun ini tentu harapan itu hanyalah angan – angan yang tak tau kapan akan terwujudnya.

“Maka dari itu, saya selaku Kades disini berharap kepada pemerintah agar kiranya memperhatikan desa kami, terutama di RT 5 dan 6, jalan rusak dan listrik tidak ada disana. Semoga ADD tahun 2020 bisa meningkat sehingga desa kami bisa maju dan sejahtera,” pungkasnya.(metro7/budi).