oleh

Anak Dibawah Umur di Tabalong Tertangkap Narkoba

TANJUNG – Jajaran Polsek Muara Uya Kabupaten Tabalong mengungkap jaringan pengedar narkoba yang melibatkan anak di bawah umur.

“Tersangka DH masih berusia 16 tahun dan berstatus seorang pelajar. Dia tertangkap saat terlibat peredaran narkoba yang kami ungkap,” terang Kapolsek Muara Uya Iptu Supriadi, Sabtu (26/10/2019).

Polisi mengatakan saat penggrebekan DH tak sendiri, dia ditangkap namun temannya berhasil kabur dan saat ini masih dilakukan pengejaran.

“Barang bukti ditemukan 1 paket diduga narkoba golongan satu yakni sabu,” kata Supriadi.

Dari nyayian DH, ia mengaku bahwa barang tersebut diperoleh membeli dari Jairin Oktapin alias Rian seharga Rp 300 ribu.

“Kami juga sudah membekuk si penjual yakni Rian,” kata Kapolsek Muara Uya.

Kapolsek Muara Uya juga memastikan bahwa pihaknya akan gencar melakukan penangkapan terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba, mengingat dari informasi, banyak pelajar sudah ikut terlibat dalam jaringan narkoba.

“Kepada para orang tua dan guru kami imbau mohon lebih ketat, selektif melihat tingkah laku anak kita, jangan sampai ikut-ikutan terlibat narkoba,” katanya lagi.

Bila ada yang mencurigakan terhadap anak, pihaknya siap membantu untuk memecahkan masalah tersebut, tapi dengan syarat kedua orang tua atau guru menginformasikanya agar secepatnya di antisipasi hingga tidak jauh terjerumus.

Sementara terungkapnya peredaran narkotika yang melibatkan seorang anak di bawah umur di Tabalong ini berawal pada Rabu (16/10) sekitar pukul 19.30 wita terkait dari informasi masyarakat bahwa disebuah rumah kosong yang beralamat di Desa Lumbang Rt 02 Muara Uya akan ada transaksi narkotika jenis sabu-sabu.

Mendapat info tersebut anggota menindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan dan mengintai terhadap tempat tersebut.

Setelah beberapa waktu anggota bersembunyi melakukan pengintaian tiba tiba terlihat dua orang berboncengan masuk ke sebuah rumah kosong tersebut.

Kemudian tanpa buang waktu anggota melakukan penggerebekan di rumah tersebut serta langsung memburu ke dua orang yang dicurigai.

Melihat ada polisi, ke dua nya langsung mencoba kabur tapi apes bagi DH, ia tak secepat kawannya yang kini masih dalam pengejaran), DH harus menyerah tertangkap.

Setelah mengamankan terlapor dan mengintrogasi, anggota terkejut ternyata yang diamankan seorang anak remaja yang masih dibawah umur.

Lebih mengejutkan pada saat dilakukan penggeledahan ditemukan dikantong celana bagian belakang sebelah kanan 1 paket serbuk bening yang diduga narkotika golongan I jenis sabu-sabu.

DH mengaku bahwa barang tersebut diperoleh membeli dari seorang Rian.

Kemudian pada hari, tanggal yang sama sekitar pukul 22.45 wita, Polisi berhasil mengamankan Rian dirumahnya yang beralamat Desa Muang Rt 05 Kecamatan Jaro. (metro7/reza)