Desa Membangun Negeri
Selasa, 17 Sep 2019 09:46 WIB

Aplikasi E-Voting Tabalong Berbiaya Murah, Dikembangkan Oleh “Putera Daerah”

Reporter :  Koran Metro7

TANJUNG – Pertama kalinya Pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil melaksanakan Pemilihan Kepala Desa menggunakan Aplikasi E-Voting.

Dimana keberhasilan itu tidak terlepas dari tangan putera daerah dalam membuat dan mengembangkan aplikasi e voting tersebut.

Pengembangan sendiri untuk kabupaten ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia untuk E-Voting Pilkades.

Ilham Alfian Noor, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government mengatakan bahwa memang dalam pelaskanaan E-Voting kemarin seluruh tim yang berkerja dari mulai brainstorming hingga pembuatan aplikasi merupakan sumber daya manusia dari Tabalong semua.

“Putera daerah ini, maksudnya programer kita yang berada di Dinas Kominfo dan Statistik. Saya sangat bangga karena mereka mampu menciptakan dan mengembangkan aplikasi tersebut, sehingga bisa digunakan dalam pilkades kali ini, “ kata Ilham Alfian Noor saat ditemui awak media Senin tadi.

Para programer ini telah berhasil menggembangkan aplikasi untuk E-Voting pilkades dengan berbasis Direct Elektronik (DRE) menggunakan layar sentuh ataupun berbasis sistem Embedded, ini merupakan sebuah keberhasilan.

Aplikasi dinilai efisien karena hanya bermodalakan Tablet, printer termal, dan server lokal, ini berdampak dengan tidak diperlukannya banyak anggaran. (metro7/mc)

CLOSE