Desa Membangun Negeri
Senin, 16 Sep 2019 19:21 WIB

Aplikasi E-Voting Tabalong Gunakan QR Code, Hanya 20 Detik Pilih Hak Suara

Reporter :  Koran Metro7

TANJUNG – Sempat menggunakan sistem berbasis Web, kini aplikasi yang tengah dikembangkan oleh Dinas Kominfo dan Statistik Tabalong berganti menjadi sistem andriod.

Penyempurnaan ini dilakukan setelah beberapa kali dilakukan uji coba, baik dari internal maupun saat bersama dengan dinas terkait.

M. Zainaini, Kasi E-Goverment Diskominfo Tabalong mengatakan bahwa alasan mengganti aplikasi tersebut dengan android dikarenakan dengan sistem ini maka perangkat yang akan digunakan menjadi lebih efisien dan kecil.

Selain itu juga, perubahan yang terjadi di aplikai E-voting ini adalah digantinya sistem token mejadi QR Code.

“QR Code ini tentunya lebih pratkis jika dibandingkan dengan token dimana kita harus mengentry terlebih dahulu” katanya.

QR Code ini nantinya akan berfungsi sebagai kode yang diperlukan untuk memilih calon kepala desa, nantinya QR Code ini akan discan oleh perangkat E-Voting yang kemudian menuju gambar calon.

Pihaknya memperkirakan dengan penggunaan QR Code ini akan lebih mempercepat waktu pemilihan pada setiap TPS.

E-Voting ini sudah diujicoba dan sukses dilakukan di tiga desa yaitu desa Kasiau, desa Kambitin raya, dan Desa tanta, dimana ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia dengan menggembangkan sistem E-Voting sendiri.

Menariknya, setiap pemilihan cuma butuh waktu kurang dari satu menit atau 20 detik untuk memilih hak suaranya. (metro7/mc)

CLOSE