Home / Info Ibu Kota

Kamis, 25 Juni 2020 - 20:10 WIB

Aturan Kriteria Usia Dalam PPBD DKI Tuai Protes

Reporter : S Ramdani - Jakarta Pusat - Dibaca : 15 kali

 

JAKARTA, metro7.co.id – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2020 jalur zonasi yang mulai dibuka hari ini Kamis (25/6/2020) menuai banyak protes dari para orang tua calon murid. Adanya aturan kriteria usia dalam PPDB menjadi alasan para orang tua calon murid melakukan protes. Sejumlah orang tua menilai syarat kriteria usia dalam PPDB Jakarta diskriminatif kepada calon peserta didik yang usianya lebih muda.

Orang tua calon murid kelas 7 bernama Saguh menjadi salah satu orang tua yang melayangkan protes tersebut ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kriteria yang digunakan usia, artinya siapa yang lebih tua di zonasi tersebut, padahal kita tahu terbatas kan misalnya di daerah Jakarta Timur ada berapa sekolah, tapi peminatnya pasti lebih banyak itu yang didahulukan yang tua-tua dulu, jadi ini enggak relevan,” kata Saguh saat mendatangi Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Baca Juga :  Airlangga: Pemerintah Beri Bonus Stimulus Anggaran untuk Daerah yang Berhasil Tangani Covid-19

Pendapat serupa juga disampaikan oleh orang tua calon murid lainnya yakni Neneng Kurnia. Warga Pejaten Barat, Jakarta Selatan itu mengaku anaknya saat ini mengalami down lantaran anaknya tidak masuk dalam aturan kriteria tersebut.

“Iya, kerugiannya, otomatis anak kita tadinya semangat untuk dapat sekolah negeri tiba-tiba dengan keputusan ini jadi down. Anakku sudah down,” kata Neneng.

Aturan soal penerimaan siswa berdasarkan kriteria usia tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 501 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021.

Baca Juga :  Agar Milenial Melek Teknologi & IT, Raja IT Ini "Buang" Duit Ratusan Juta

Salah satu poin dalam surat keputusan itu mengenai proses seleksi melalui jalur zonasi dan jalur afirmasi. Dalam hal jumlah calon peserta didik baru yang mendaftar dalam zonasi, afirmasi serta jalur prestasi akademik dan luar DKI Jakarta yang melebihi daya tampung, maka dilakukan seleksi berdasarkan usia tertua ke usia termuda.

Aturan pemeringkatan berdasarkan usia pada PPDB DKI Jakarta baru pertama kali diterapkan tahun ini. Para orang tua calon murid mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghapus aturan usia PPDB Jakarta karena banyak yang anaknya tak lolos ke SMP dan SMA yang dituju. ***

Share :