Desa Membangun Negeri
Rabu, 19 Nov 2014 02:10 WIB

Ayo Hidup Bersih dan Sehat

Reporter :  Koran Metro7
MARABAHAN – Bupati Batola H Hasanuddin Murad mengajak, seluruh lapisan masyarakat di Bumi Ije Jela agar selalu berprilaku hidup bersih dan sehat demi tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dan sehat.
Ajakan tersebut diungkapkan orang nomor satu di Bumi  Ije jela, saat membuka acara Advokasi Sosialisasi Imunisasi Pentavalen di Hotel Prima Batola, Marabahan. “Dengan adanya kegiatan advokasi sosialisasi imunisasi pentavalen ini, saya pandang sebagai langkah nyata dan sangat strategis untuk mensukseskan program pemerintah, terutama dalam rangka pencapaian target MDGs tahun 2015 mendatang,” ujarnya, dalam sambutannya yang dibacakan Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Batola, M Anthony SSos,  belum lama tadi.
Dengan berprilaku hidup sehat dan bersih, terangnya, nantinya dapat menunjang tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dan lebih sehat di masa depan.
 Karena itu, dalam kegiatan yang dihadiri langsung oleh Ketua Aliansi Pita Putih Indonesia Pusat, Hj Giwo Rubianto Wiyogo, Sekretaris Aliansi Pita Putih Indonesia Kalsel, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se Kabupaten Batola, Hasanuddin berharap, agar para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut benar-benar memperhatikan dan memahami paparan yang diberikan oleh para narasumber. “Nantinya, informasi yang sudah didapat itu disampaikan kembali kepada orang-orang terdekat, baik di lingkungan keluarga, tetangga maupun masyarakat luas yang ada di wilayah saudara masing-masing,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Winda Rukmana SSTP dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar para seluruh lapisan masyarakat dapat berperan aktif melakukan himbauan tentang imunisasi pentavalen. “Peserta yang kamu undang dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 150 orang yang terdiri dari organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, organisasi remaja dan pemuda, para kader, LSM dan wartawan, organisasi wanita dan APPI,” terangnya.
Untuk diketahui, imunisasi Pentavalen itu adalah vaksinasi yang penting bagi kesehatan masyarakat. Khususnya anak-anak karena dapat mencegah kesakitan serta kematian dan kecacatan.
Dengan digunakannya vaksin pentavalen (DPT-HB-Hib) bersama vaksin campak, polio dan BCG, maka program imunisasi yang semula diarahkan hanya pada pencegahan 7 penyakit menular (Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Tuberculosis pada bayi, Polio dan Campak), maka kini bertambah menjadi 8 penyakit menular melalui penambahan antigen Haemophilus influenzae type b, untuk mencegah Pneumonia dan Meningitis pada anak. (Andi/Metro7/Humpro-Batola)

CLOSE